ilang Klilipe Tegese (Tembung Entar)

ilang Klilipe Tegese (Tembung Entar)
tembung entar tegese contoh kalimat

Apa tegese tembung entar ilang klilipe? Tegese yaiku ilang mungsuhe, artinya secara harfiah hilang kelilipannya, maksudnya adalah lenyap menghilang musuhnya. Kalebu jenise tembung entar Basa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng dalu selamat malam. Namanya manusia akan sangat susah lepas dari persaingan, rebutan rejeki, kedudukan, pasangan gebetan dan lain sebagainya.

Dan tentunya ada kawan ada lawan, ada yang sukq, ada yang benci, ada yang pura pura simpati padahal dibelakangnya tertawa terbahak bahak kalau ada yang celaka.

Itulah kenyataan hidup.

Dan tentunya akan menjadi lebih nyaman apabila berkurang atau hilang orang yang memusuhi kita. Bertindak yang merugikan kita baik itu perkataan maupun perbuatan.

Dalam bahasa Jawa, tembung entar kang ateges ilang mungsuhe yaiku ilang klilipe.

Anda pastinya mengerti kata kelilipan. Yaitu adanya benda asing yang masuk kedalam mata yang membuat tidak nyaman dalam melihat.

Ada rasa mengganjal dan mata merasakan sepat bahkan pedih dan menjadikan warna mata menjadi merah.

Tegese ilang Klilipe, tuladha Ukara

meski sudah tau artinya klilipen adalah kelilipan. Namun tidak ada salahnya apabila kita lebih mendalami kata ini merujuk kedalam kamus Nasa Jawa online.

Tegese ilang yaiku dadi ora ana, ora maujud, ora katon, sirna. Artinya adalah hilang, yaitu menjadi tiada, tidak wujud, lenyap sirna.

klilipe asale saka tembung klilip, tegese yaiku rereged kang mlebu ing mata. Kotoran yang masuk kedalam mata.

jadi klilipe ini merupakan benda asing yang masuk kedalam mata. Sifatnya mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Gawea tuladha ukara nganggo unen unen tembung kang ana ing ngisot iki! Ilang klilipane (klilipen).

Sengkuni padhang ulate amarga wis ilang klilipe. Artinya Patih Harya Sangkuni sumringah senang karena musuhnya sudah hilang.

sebagaimana kita ketahui ini unen unen atau ungkapan ini merupakan tembung entar. Yaitu tembung yang tidak diartikan secara harfiah apa adanya. Namun merupakan suatu ungkapan pemisalan atau metafora.

Dalam hal ini benda penyebab klilipan pada mata sudah hilang merupakan metafora melukiskan telah hilangnya musuh atau dalam Basa Jawa yaitu ilang mungsuhe.

Demikianlah ungkapan metafora atau kiasan dalam Basa Jawa tembung entar ilang klilip tegese yaiku ilang mungsuh, tuladha ukara, contoh kalimat dan artinya. Maturnuwun wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*