Meres Pikir Tegese, Tuladha Ukara

Meres Pikir Tegese, Tuladha Ukara

Meres pikir, tembung entar ing ngisor iki gawekna utawa gawea tuladha ukara contoh kalimatnya! Tegese yaiku anggone mikir tenanan, mikire temenan, artinya adalah berpikir dengan keras.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu. Sekali tempo orang mengalami situasi yang rumit sulit dan membagongkan.

untuk mengatasi hal ini perlu memikirkan secara cermat hati hati dan dengan sangat keras. Atau menghadapi situasi mepet waktu singkat penyelesaian tetapi kondisinya masih gelap.

Contoh misalnya wong cilik yang sedang tidak punya uang alias bokek mengharapi anaknya mau ujian semester dan wisuda rampung kuliah.

Atau agar anaknya bisa maju jadi lurah kemudian mengotak atik aturan untuk usia minimal calon kepala desa dan lain sebagainya.

Nah situasi seperti inilah orang Jawa mengatakan meres mikir untuk mengatasi keadaan dan menyelesaikan masalah.

Tuladha Ukara Meres Pikir lan Tegese

Menyebut kata memeras menjadi ingat saat jaman dahulu pada waktu selesai mencuci pakaian dan hendak menjemurnya pada pemean.

dalam bahasa Jawa, tegese meres asale saka tembung lingga peres, nduweni teges mijet utawa nguntir supaya metu banyune. Artinya memeras adalah memijit atau menguntir sesuatu agar keluar airnya.

Pikir utawa pikire, pikirane, tegese yaiku akal, akale, kemampuanr anggonr mikir. Artinya pikir maksudnya yaitu akalnya, kemampuan dalam berpikir.

Karena ini kalebu jinise tembung entar (termasuk kata kiasan dalam bahasa Jawa) maka kita tidak bisa menerjemahkan atau mengartikannya secara harfiah apa adanya.

Ora bisa negesi tembung ing ndhuwur apa anane utawa sawantahe.

Jadi maksudnya bukanlah menguntir atau memencet alias menekan otak agar keluar airnya. Tegese dudu nguntir utawa mijet polo supaya metu banyune.

Ananging karepe unen unen ing ndhuwur yaiku tenanan anggone mikirake, temen-temen, temenan mikir. Kalau dalam Bahasa Indonesia kita mengenal istilah ungkapan berpikir (dengan sangat) keras.

Gawea lan wenehana tuladha ukara, terangna! Contoh kalimat untuk unen unen ini sebagai berikut;

Amarga bensin mundhak wong cilik meres pikir supayane isa nempur. Artinya ; karena harga BBM naik, orang kecil berpikir keras agar bisa membeli beras.

Contoh yang lain misalnya sebagai berikut;

Jarene ekonomi meroket ananging akeh wong meres pikir amarga rega – rega padha mundhak, PHK ana ngendi – ngendi. Artinya; katanya ekomi naik tinggi, namun banyak orang berpikir keras karena harga harga naik dan pemutusan hubungan kerja terjadi dimana mana.

Demikianlah tuladha ukara tembung entar meres pikir lan tegeae basa Jawa, maturnuwun sudah mampir, salam kenal wilujeng enjang, wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top