Entheng Lambene Tegese, Kalebu Tembung, Ukara

Entheng Lambene Tegese, Kalebu Tembung, Ukara

Among tamu iku sing entheng lambene supaya tamune seneng. Dalam Bahasa Jawa, entheng lambene tegese yaiku grapyak, kalebu jinise tembung entar Basa jawa. Secara harfiah artinya adalah ringan bibirnya, maknanya yaitu ramah, mudah bergaul dan menyenangkan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi. Kali ini kita akan membahas tembung entar kang ateges grapyak. Dalam bahasa jawa tegese grapyak podo karo seneng aruh-aruh, artinya yaiku ramah serta suka menyapa.

Jadi dalam contoh kalimat atau tuladha ukara kang ana ndhuwur maksudnya adalah apabila kita menjadi among tamu, bagian yang menerima tamu saat acara hajatan, itu harus ramah, dan rajin menyapa para tamu.

Alsannya kenapa?

Agar para tamu yang hadir merasa senang karena keberadaannya dianggap oleh panitia atau orang yang mempunyai hajat.

Tentunya apabila anda menghadiri suatu acara hajatan pernikahan yang besar akan menemui among tamu yang bertugas mengarahkan tempat duduk dan mengatur penyaji makanan minuman.

Mereka yang mendapatkan mandat peran among tamu ini biasanya mempunyai kedudukan yang lumayan dan memiliki “nama” di lingkungannya.

Adapun yang merasa kurang begitu memiliki pengaruh, kalau di desa lazimnya akan terjun ikut dalam kumpulan organisasi “jayeng”.

Tegese Entheng Lambene, tuladha Ukara

Kembali lagi membahas tembung entar ini.

Tegese entheng yaiku kosokbaline saka tembung abot. Bisa uga nduweni teges ora angel anggone nandhangi.

Lambe tegese yaiku perangane awak pinggirane cangkem ana ing sisih ngisor lan ndhuwur. Artinya adalah bagian tubuh manusia berupa pinggiran mulut yang letaknya pada bagian atas serta bawah.

Secara harfiah artinya adalah ringan bibirnya. Maksudnya yaitu ringan dalam bergerak yang maknanya mudah menyapa secara ramah. Dalam Basa Jawa tegese enteng lambene yaiku grapyak, gampang aruh-aruh.

Asti Setyorini pancen nengsemake ati, sakliyane ayu uga entheng lambene menawa dadi among tamu. Artinya adalah ; si Asti Setyorini memang menyenangkan hati, selain cantik juga mudah menyapa dan gampang bergaul apabila menjadi among tamu.

Demikianlah tembung entar basa jawa kang tegese grapyak lengkap dengan contoh kalimat dan tuladha ukara. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*