Katon Kaya Cempaka Sawakul Tegese, Ukara

Katon Kaya Cempaka Sawakul Tegese, Ukara

Tegese paribasan katon kaya cempaka sawakul yaiku tansah disenengi wong akeh, artinya tampak seperti (bunga) kantil (sebesar) bakul. Maknanya yaitu senantiasa disenangi oleh banyak orang.

pontren – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, dalam bahasa jawa atau ukara unen unen ungkapan ini mempunyai arti seseorang yang disukai banyak orang, paribasane kang ateges tansah disenengi wong akeh.

Jadi unen unen ini klebu jenise basa rinengga tembung paribasan.

Lazimnya, penggunaan paribasan ini (seperti bunga kantil atau cempaka yang sebesar bakul) dipakai untuk orang yang jujur, baik hati, supel, tidak neko neko sukur mempunyai wajah yang rupawan. Kalau pria dia ganteng dan memiliki perawakan yang tegap. Jika perempuan cantik dan bentuk tubuh yang proporsional.

Meskipun begitu, faktor fisik tidak menjadi pertimbangan utama.

Contoh dalam sepakbola, ungkapan ini cocok untuk pesepakbola asal Perancis keturunan dari negara Mali yang bernama N’golo Kante.

Karena kesederhanaan dan sikapnya yang pemalu serta baik hati, etos kerja tinggi dan senantiasa senyumannya yang banyak menghiasi wajahnya, membuat ungkapan yang berbunyi “Every body loves N’golo Kante. Artinya yaitu semua orang mencintainya.

Tegese Katon Kaya Cempaka Sawakul, tuladha Ukara

Dalam bahasa Jawa, tegese katon yaiku ketok, iso idelok utawa disawang. Artinya adalah kelihatan, tampak, nampak dan lain sebagainya.

sedangkan tegese cempaka yaiku araning wit, kembange wangi (bangsaning kanthil). Maksudnya cempaka adalah sebutan pohon yang bunganya harum (sebangsa kembang kantil).

Sawakul tegese yaiku gedhene utawa ukurane meh padha karo gedhene wakul. Wakul yaiku cething (wadhahe sega) kang gedhe.

Artinya sawakul adalah sebakul. Maksudnya yaitu ukurannya sebesar bakul. Yaitu tempat nasi (periuk atau semisalnya) yang besar.

Jadi bunga kantil yang sebesar bakul ini membuat banyak orang menyenanginya. Bentuk dan warnanya yang bagus serta bau harumnya yang menyenangkan.

Karena keadaan ini menjadikan gambaran tentang keadaan seseorang yang mendapatkan simpatik banyak orang.

Wenehana utawa gawea tuladha nganggo tembung paribasan kang ana ing ndhuwur!

Berikut contoh kalimatnya;

Aku duwe kanca jenenge Asti Setyorini, wonge katon kaya cempaka sawakul amarga ayu lan manis raine, apik dedege, lan becik bebudene uga nengsemake menawa ngguyu lan mesem.

agak panjang ya contohnya, anda bisa menyingkatnya sesuai dengan kebutuhan anda. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan dalam tembung paribasan kang nduweni teges disenengi wong akeh. Wassalaamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top