Jer Basuki Mawa Beya Tegese Artinya, Tulisan Aksara Jawa

jer basuki mawa beya tegese
Share

Arti Jer Basuki Mawa Beya Tegese yaiku kabeh gegayuhan butuh ragat, artinya adalah semua keinginan keberhasilan serta kesuksesan membutuhkan biaya. Dalam bahasa lebih jelas lagi adalah kanggo mujudake idham-idhaman, manungsa perlu ngetokake ragat ongkos utawa lan pangorbanan sing murwat.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng siang para sedherek. Sebagaimana sudah kami haturkan diatas, ukara unen unen nang ndhuwur iku mau penjelasan serta artinya jer basuki mawa beya adalah untuk mewujudkan apa yang menjadi idam-idaman, manusia perlu mengeluarkan biaya, baik uang ataupun barang atau dan dengan pengorbanan yang cukup.

Dalam bahasa Jawa, ungkapan ini masuk dalam kategori peribahasa, jer basuki mawa beya kalebu jinise paribasan.

Bahkan dalam lambang pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mencantumkan paribasan ini dalam logonya yang artinya adalah apapun sesuatu untuk kemuliaan perlu biaya serta usaha dan pengorbanan, kira kira penjelasan secara global seperti itu.

Jer Basuki Mawa Beya Tegese Tembung lan Tulisan Aksara Jawa

Tulisen nganggo aksara Jawa paribasan ing ndhuwur utawa ngisor iki mau!

Misalnya ada soal pertanyaan seperti itu, maka teks tulisan aksara dalam huruf jawanya adalah sebagaimana dibawah ini;

(ꦗꦼꦂꦧꦱꦸꦏꦶꦩꦮꦧꦺꦪ)

Atau ada soal pertanyaan yang berbunyi kembang mlathi kembang kenanga, jer titik titik mawa beya. Maka isi titik titiknya adalah BASUKI.

Terjemah pertanyaan tersebut adalah bunga melati bunga kenanga, jer (setiap) basuki (kesuksesan) mawa (memerlukan) beya (biaya).

Apa sih artinya jer dan basuki serta mawa beya?

Mari kita ulas

Jer tegese yaiku samubarang, kabeh-kabeh, apa wae. Apapun, semuanya, segalanya.
Basuki tegese yaiku slamet, rahayu, begjan, luput saka kacilakan, artinya keselamatan rahayu, beruntung, lepas dari celaka.

Jadi artinya jer basuki tegese yaiku kabeh kabeh apa wae slamet rahayu lan kabegjan, yaitu semuanya apapun itu untuk mendapatkan keselamatan keberuntungan dan lepas dari celaka.

Mawa tegese nganggo, mbutuhake, artinya menggunakan, memerlukan.
Beya tegese yaiku ragat, ongkos, artinya adalah biaya ataupun dana (bisa pula usaha ikhtiar.

Jadi arti mawa beya tegese yaiku mbutuhake wragat lan usaha kang murwat.

Jadi demikianlah arti paribasan jer basuki mawa beya tegese yaiku samubarang gegayuhan mbutuhake wragat artinya adalah semua apapun itu keinginan membutuhkan biaya ongkos serta usaha dan ikhtiar yang mencukupi. Wilujeng sonten, selamat sore dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.