Bot Ginawa Entheng, Theng Ginawa Abot

bot ginawa entheng theng ginawa abot

Bot ginawa entheng, theng ginawa abot batangane bedhekane wangsulane yaiku klobot ginawa enteng, genteng ginawa abot kalebu jenise cangkriman wancahan Basa Jawa.

pontren.com – satu lagi ini merupakan contoh cangkriman cekakan utawa wancahan basa Jawa yang mengandung arti membawa barang yang ringan dan berat.

wancahan dalam teka teki tebak tebakan kata dalam bahasa Jawa ini ada pada tembung atau wanda bot dan theng.

Tembung utawa wanda bot asale saka klobot, tegese yaiku lembaran bunteling jagung, sok kanggo mbungkus mbako dadi udud.

Dalam bahasa Jawa, klobot adalah lembaran yang berasal dari kulit jagung untuk membungkus sesuatu, lazimnya berfungsi untuk lintingan r#k0k.

adapun tembung utawa wanda theng asale saka tembung gentheng, tembung liyane yaiku gendhèng, tegese yaiku tutup omah kang manggon ndhuwur digawe saka lempung, dicithak lan diobong, bentuke maneka warna.

theng berasal dari kata gentheng, dalam bahasa Indonesia artinya adalah genting, yaitu penutup atap rumah yang terbuat dari tanah liat dicetak kemudian dibakar, bentuknya bermacam-macam.

Adapun tembung ginawa asale saka temung lingga gawa, tegese digawa. Artinya gimawa adalah dibawa.

Batangane Cangkrima Bot Ginawa entheng, theng ginawa Abot

secara harfiah arti dari batangane cangkriman ini yaitu klobot ginawa enteng = klobot dibawanya dengan ringan.

Alasannya karena berasal dari lembaran kulit jagung tentu sangatlah ringan, mungkin hanya beberapa gram saja selembar klobot yang sudah kering.

Berbeda dengan gendheng atau genting yang beratnya berlipat apabila klobot sebagai pembandingnya.

Sehingga bunyi atau unine cangkriman wancahan theng ginawa abot batangane yaiku gentheng ginawa abot.

Bisa jadi tebakan ini berfungsi untuk menjebak lawan bermain.

Yaitu kata theng sebagai sarana jebakan. Agar lawan dalam permainan ini menyangka tembung atau wanda theng tegese yaiku entheng. Namun yang jawaban yang benar yaitu genthèng.

Dan jangan lupa, kata bot juga menjadi jebakan betmen dalam teka teki singkatan dalam bahasa Jawa ini. Karena sangat dekat dengan kepanjangan dari kata “abot”.

Bagi orang yang terperosok (keblender) dalam permainan tebak tebakan kata ini sangat mungkin akan menjawab “Abot ginawa entheng, ènthèng ginawa abot. Dan sukseslah menjebak lawan tanding.

itulah batangane cangkriman wancahan bot ginawa theng theng ginawa abot lengkap dengan penjelasan Basa Jawa serta artinya kedalam bahasa Indonesia. Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang, wassalaamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *