Langdikum Ditasbir Batangane, Kalebu Cangkriman Jenise

Langdikum Ditasbir Batangane, Kalebu Cangkriman Jenise

Langdikum ditasbir batangane yaiku Lulang dikum dientas njebibir, kalebu jenise cangkriman wancahan basa Jawa artinya belulang (kulit) direndam, saat diangkat menjadi lunak dan mengembang.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, memang ada – ada saja tebak tebakan berupa singkatan (wancahan) dalam Bahasa Jawa. Kalau menurut saya sendiri sih banyak yang absurd. apa wangsulane coba? setelah mengetahui jawabannya hanya melogo.

Maksudnya absurd yaitu tidak jelas apa maksud tujuannya antara pertanyaan dan jawaban memang berkaitan dan jelas kaitannya.

Namun maksudnya apa? Misalnya yomaerong atau yu mahe rong yang jawabannya adalah yuyu omahe ngerong, artinya yaitu kepiting rumahnya di lobang, atau juga lut mahe ndhut, welut umahe ngendhut, artinya belut rumahnya di lumpur. Apa coba maksudnya?

Ya maksudnya untuk hiburan semata bermain tebak tebakan yang manfaatnya untuk mengakrabkan dan juga mengasah otak.

Untuk lebih memahami dan menambah wawsan tentang kata kata sulit alias bausastra basa Jawa, mari kita udhari atau bedah setiap kata dalam teka teki berbahasa Jawa ini.

Tegese lan bedhekane cangkriman langdikum ditasbir

Langdikum wancahan saka lulang dikum yang artinya adalah belulang yang direndam. Lazimnya dalam zat cair, dan umumnya adalah air.

Lulang artinya bukanlah tulang namun kulit. Dalam bahasa Jawa tegese lulang yaiku pakuliting kewan (kulitnya hewan) kayata lulang sapi, kebo, macan, singa lan sakpiturute.

Dikum asale saka tembung lingga ekum tegese yaiku dicemplungne lan direndem ana banyu, artinya yaitu dimasukkan dan direndam kedalam air.

Ditasbir asale saka wancahan dientas njebibir.

Tegese dientas yaiku diangkat, misale ngentasi pemean artinya adalah mengambil pakaian yang dijemur.

Njebibir tegese yaiku kêndho utawa mlêndhung marga kodanan, kadhêmên lsp.(tmr. lulang, lambe). Menjadi kendor atau melendung karena kena hujan, kedinginan dan lain sebagainya (untuk kulit hewan, bibir dan lain sebagainya).

Nah itulah pembahasan tentang cangkriman wancahan langdikum ditasbir tegese yaiku lulang dikum dientas njebibir lengkap dengan arti setiap kata beserta penjelasan singkat untuk menambah kosakata Bahasa jawa. Maturnuwun sudah mampir, wilujeng dalu dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*