Bapak Pucung Cangkemu Marep Mandhuwur Batangane

Bapak pucung cangkemu marep mandhuwur

Bapak pucung cangkemu marep mandhuwur, Sabane ing sendhang, pencokane lambung kering, Prapteng wisma si pucung mutah kuwaya batangane cangkriman tembang pocung ing ndhuwur yaiku klenthing kalebu macapat.

Klenthing yaiku saemper jun cilik, artinya adalah tempayan kecil, adapun jun artinya adalah tempayan yang besar.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, tempayan artinya tempat air yg besar, dibuat dr tanah liat, perutnya besar, mulutnya sempit (dipakai juga untuk menyimpan beras, membuat pekasam ikan, dan sebagainya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang, selamat pagi. Kali ini kita akan membahas kepriye unine utawa ukarane tembung cangkriman kang batangane yaiku klenthing.

Setelah mengetahui bedhekane utawa jawabane tebak tebakan cangkriman Bahasa Jawa sinawung tembang pucung kalebu jenise macapat, mari kita bahas kenapa bisa jawabannya seperti itu.

Caranya dengan mengartikan setiap kata dalam lagu teka-teki Basa Jawa ini.

Bapak pucung cangkemu marep mandhuwur tegese yaiku cangkem si pucung ana ing ndhuwur lan madhep munggah, artinya sesuatu yang menjadi pertanyaan ini petunjuk yang pertama yaitu mulutnya menghadap keatas.

Sabane ing sendhang, pencokane lambung kering, tegese yaiku senengane lunga marang papan panggonan kang akeh banyune, mencok ana ing lambunge manungsa kang ana sisih kiwa.

Artinya dan sebagai petunjuk selanjutnya yaitu dia sukanya pergi ke tempat mata air atau berkumpulnya air (biasanya yang bersih), bertengger pada bagian lambung sebelah kiri.

Prapteng wisma si pucung mutah kuwaya tegese yaiku teka ana ing panggone omah, (prapteng asale saka tembung prapta ing, tegese wis tekan ana ing …. ), mutah yaiku bali metu saka ing cangkem yaiku banyu.

Batangane Cangkriman Bapak Pucung Cangkemu Marep Mandhuwur

Setelah mendapatkan petunjuk ini maka apabila ada pertanyaan yang berbunyi sapa si pocung sing tekan omah ngetokake banyu bedhekane yaiku klenthing.

Berdasarkan petunjuk yaitu;

  • Mulutnya menghadap keatas
  • Suka bermain di tempat yang berair
  • Suka bertengger di lambung sebelah kiri
  • Jika sampai rumah dia muntah air.

Jadi klenthing ini mempunyai ciri-ciri yang tepat untuk bedhekane cangkriman ini, karena dia memiliki lobang menghadap bagian atas sebagai penggambaran cangkem madhep munggah.

Kemudian klenthing atau tempayan kecil ini karena berfungsi untuk membawa air tentu akan sering datang ke sumber mata airnya.

Suka bertengger di lambung kering (lambung manusia yang sebelah kiri). Biasanya orang membawa tempayan dengan meletakkan pada bagian lambung bagian kiri.

Jika sampai ke rumah dia memuntahkan air, jadi saat pulang dari sendang atau tempat mata air selanjutnya dia akan muntah.

Maksudnya yaitu memindahkan air dalam klenthing ini ke tempayan yang lebih besar. Proses menuangkan air ini penggambarannya dari tegese si pucung mutah kuwaya.

Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *