Bocah Cilik Nggendong Omah Batangane Bedhekane Cangkriman

cangkriman batangane keong bekicot
Share

Bocah Cilik Nggendong Omah batangane utawa bedhekane yaiku bekicot alias keong, arti tebak tebakan Bahasa Jawa ini yaitu anak kecil menggendong rumah maka jawabannya adalah hewan siput.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng dalu para pamirsa internet, berikut ini adalah tebak tebakan alias teka teki Bahasa Jawa yang jawabannya yaitu bekicot atau keong.

Apabila ada pertanyaan dalam Bahasa Jawa yang bunyinya yaitu gawea ukara unen unen cangkriman sing batangane keong utawa bekicot maka jawabannya adalah ana bocah cilix sing nggendong omah.

Jadi, kalau anda perhatikan hewan yang berjalan dengan perutnya ini kemana mana selalu membawa cangkang yang menjadi rumahnya.

Cangkang siput alias rumahnya ini sudah ada semenjak dia lahir, tepatnya sejak dia menetas dari telur.

Fungsi cangkang rumah siput yaitu untuk melindungi atau sebagai pelindung tubuh.

Arti Bocah Cilik Nggendong Omah

Apa sih artinya cangkiman ini?

Mari kita urai satu persatu setiap kalimat yang dalam bahasa Jawa disebut dengan tembung.

  • Bocah artinya adalah anak kecil
  • Cilik mempunyai arti kecil
  • Nggendong dalam bahasa Indonesia artinya adalah menggendong
  • Omah berarti rumah.

Jadi bisa dikatakan apabila kita menjelaskannya dalam uraian, apakah sesuatu yang menggendong rumahnya, maka jawabannya yaitu siput atu keong.

Yang kemudian menjadi teka teki tebak tebakan bahasa Jawa yang berbunyi bocah cilik nggendong omah artinya yaitu anak kecil menggendong rumah.

Dalam pelajaran biologi, siput adalah gastropoda, merupakan jenis hewan yang bertubuh lunak dan berjalan menggunakan perut.

Berdasarkan informasi dari science Abc, siput ini membuat cangkangnya secara mandiri.

Proses siput membuat cangkangnya sendiri disebut dengan biomineralisasi.

Apa sih biomineralisasi itu?

Biomineralisasi adalah sutu proses yang dilakukan oleh organisme hidup untuk menghasilkan suatu mineral yang memiliki tujuan mengeraskan jaringan tubuhnya.

Cangkang siput terbuat dai zat apa?

Kalau dalam kompasiana menyebutkan bahwa cangkang yang mereka buat yaitu dengan menggabungkan dua unsur dominan laut kalsium (Ca2+) dan Kaarbonat (C032-).

Untuk membuat rumah cangkang yang solid yang berbentuk senyawa kalsium karbonat (CaCO3).

Demikianlah informasi tentang tebakan kata teka teki bahasa jawa cangkriman bocah cilik nggendong omah serta sekedar informasi seputar siput alias keong atau bekicot, wilujeng dalu, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *