Berbudi Bawa Leksana Tegese, Kalebu, Tuladha Ukara

Berbudi Bawa Leksana Tegese yaiku netepi janjine, artinya berakhlak atau perilaku melaksanakan ucapannya alias menepati janji, kalebu jenise tembung unen-unen bebasan Basa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, jadi paribasane bebasan kang ateges utawa tegese Yen ngomong kudu netepi omongane nduweni watak apa sing diucapake bakal dileksanani.

Artinya yaitu peribahasa bebasan Basa Jawa yang memiliki makna apabila berkata harus menepati ucapannya, memiliki sifat apa yang dikatakan bakal ditepati atau dilaksanakan.

Gawea tuladha ukara nganggo tembung bebasan kang ana ing ndhuwur utawa ngisor!

Berbudi Bawa Leksana tegese

Misalnya contoh kalimat tuladhane ukarane seperti ini.

Jejering Satriya utama kudu berbudi bawa laksana jegese yaiku minangka satriya kang pinunjul kudu netepi janji, duweni watak apa sing diucapne bakal dileksanani.

Artinya adalah sebagai ksatria yang utama (memiliki kelebihan) harus menepati janjinya, memiliki sifat apa yang diucapkan hendak dilaksanakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut kenapa artinya seperti itu, ada baiknya kita mengetahui maksud dalam setiap kata (tembung utawa tetembungan) yang ada dalam paribasan berwujud bebasan ini.

Tegese Berbudi Bawa Leksana Artinya

Berbudi asale saka tembung budi, tegese yaiku watak, entuk ater-ater ber. Tegese yaiku nduweni watak, sipat, artinya adalah memiliki watak, perilaku.

Tegese bawa yaiku uni, swara, artinya adalah ucapan, suara.

Leksana asale saka tembung kawi, kacocogna karo laksana, tegese yaiku kelakon, sida katindakake. Artinya adalah leksana berasal dari Bahasa Jawa kuno (kawi) yang memiliki arti laksana.

Sedangkan laksana memiliki arti kejadian, dilaksanakan, dan makna arti yang semisalnya.

Jadi tegese lugu ini adalah duwe budi unine kelaksanan yang artinya memiliki sifat perilaku ucapannya dilakukan atau dilaksanakan.

Sehingga jelaslah maksud dari bebasan ini adalah orang yang memiliki akhlak melaksanakan ucapannya, singkat kata yaitu menepati janji

Jadi singkatnya bebasane kang ateges netepi janjine kaya irah-irahan (judul) artikel ini.

Tentunya watak dan sikap yang menepati janji alias sejalan antara ucapan dengan tindakannya merupakan perilaku yang baik. Apakah dari segi ajaran agama maupun adat istiadat perilaku dalam kehidupan.

Demikian ukara paribasan berbentuk bebasan kang tegese yaiku netepi janjine yang artinya menepati janji, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top