Kebanjiran Segara Madu Tegese, Kalebu, Tuladha Ukara

Tegese kebanjiran segara madu yaiku nemu kabegjan sik gedhe banget, artinya kena banjir lautan madu yang maksud maknanya adalah mendapatkan keberuntungan yang sangat besar. Kalebu jenise unen unen tembung bebasan basa Jawa, gawea tuladha ukara contoh kalimatnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, adapun contoh kalimat atau tuladha ukara ukarane paribasan ini adalah sebagai berikut.

Asti Setyorini entuk hadiah mobil expander, bebasane kaya kebanjiran segara madu. Artinya si Asti mendapatkan hadiah mobil merk mitsubishi expander, pepatah Bahasa Jawanya bagaikan kena banjir lautan madu.

Secara harfiah, madu adalah cairan yang sangat manis dan bermanfaat untuk kesehatan hasil dari lebah berasal dari saripati bunga (nektar).

Dalam banyak wilayah, madu merupakan gambaran dari hal yang manis, baik, berharga, menyehatkan, intinya adalah sesuatu yang menyenangkan atau keberuntungan.

kebanjiran segara madu tegese bebasan

Sehingga dalam khazanah budaya dan sastra Jawa, penggambaran orang yang mendapatkan dewi fortuna adalah kena banjir lautan madu (kebanjiran segara madu).

Tentunya pengecualian untuk istilah dimadu dalam pernikahan, kalau ini sih maknanya bagi beberapa wanita adalah racun meskipun namanya adalah madu.

Tegese Kebanjiran Segara Madu

Sekedar menambahkan wawasan mengenai tembung bausastra basa Jawa, kita mencoba menguraikan arti kata dalam bebasan Basa Jawa ini satu persatu.

Secara harfiah tegese kebanjiran yaiku kena banjir, ana barang teka kang akeh (biasane banyu). Dalam bahasa Jawa yang lain yaitu karoban kang asale saka tembung rob, banjire laut utawa segara.

Tegese segara yaiku laut, kumpuling banyu, artinya adalah lautan, tempat muaranya air.

Madu tegese yaiku cairan rasane legi bentuke kentel sing digawé déning tawon sekang sarine kembang-kembang sing uga diarani néktar. Artinya adalah cairan yang rasanya manis, bentuknya kental, yang dibuat oleh lebah dari sarinya bunga-bunga (nektar).

Karena madu merupakan penggambaran untuk hal yang baik maka ungkapan Jawa apabila kena banjir madu maknanya adalah mendapatkan keberuntungan yang sangat banyak.

Jadi bebasan utawa bebasane kang ateges/nduweni teges nemu kabegjan sik gedhe banget yaiku kebanjiran segara madu.

Demikian informasi mengenai tembung paribasan Basa Jawa orang yang mendapatkan dewi fortuna, lengkap dengan contohnya dalam kalimat beserta artinya dan terjemahan Indonesia.

Salam kenal, maturnuwun sudah mampir dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top