Dikena Iwake Aja Nganti Buthek Banyune

Tegese, kalebu jenise aksara jawa dikena iwake, aja nganti buthek banyune unen-unen bebasan iki nduweni makna kang dikarepke bisa kasembadan nanging ora nganti gawe kisruh artinya kena ikannya jangan sampai keruh airnya.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi pemirsa internet yang budiman.

Jadi tegese dikena iwake aja nganti buthek banyune nduweni teges sing dikarepake bisa kelakon nanging aja nganti dadi ramai utawa ngrusak.

Artinyasecara harfiah adalah kena ikannya jangan sampai keruh airnya, maknanya atau maksud dari bebasan ini yaitu apa yang di inginkan bisa keturutan atau terwujud namun tidak sampai membuat kisruh.

Dalam kehidupan lazim datang masalah atau kesulitan yang menghampiri. atau hendak mempunyai angan dan ingin menggapainya. melaksanakan cita-cita maupun cinta.

Tentu dalam menyelesaikannya harapannya adalah semua beres dan tidak ada permasalahan.

Seperti istilah pegadaian, mengatasi masalah tanpa masalah, nah hal ini sesuai dalam bebasan yang kita bahas.

Ikan habitatnya berada di perairan. Jernih atau bening air dalam budaya jawa menggambarkan situasi yang aman damai tenteram tidak ada permasalahan.

Dan sebaliknya, warna keruh (basa Jawane buthek) menunjukkan sesuatu yang tidak bagus, tidak beres, permasalahan ataupun kesulitan.

Tegese Dikena Iwake Aja Nganti Buthek Banyune tuladha ukara kalebu tembung

Gawea tuladha ukara nganggo tembung bebasan ana ing ndhuwur mau! Buatlah contoh kalimat peribahasa dikena ikannya namun jangan sampai airnya keruh!

Berikut tuladhane ukarane dalam Basa Jawa

Menawa ana masalah karo sedulur mesthine dikena iwake aja ngasi buthek banyune. Artinya adalah apabila ada permasalahan dengan saudara semestinya bisa beres urusannya tanpa menimbulkan permasalahan yang lain.

Bisa juga dengan contoh lainnya yaitu;

Anggonmu golek sandhang pangan ora entuk ngganggu tangga teparo, kaya unen unen bebasan basa Jawa sing unine Dikena Iwake ora Buthek Banyune.

Seperti anda ketahui, ungkapan in kalebu jenise basa rinengga tembung bebasan. Yaiku unen – unen kan gumathok ,ajeg panganggone lan migunakake pangumpaman ( perumpamaan ) sing digambarake tumindakke.

Untuk tulisan dalam huruf aksara Jawa hanacaraka bisa anda lihat dalam gambar ilustrasi pada bagian atas. Mohon maaf agak blur gambarnya.

Demikianlah sekedar tambahan informasi untuk menjawab soal pertanyaan bagi siswa siswi pelajar SD SMP SMA MI MTs Aliyah mapel Basa Jawa bab Tembung bebasan.

Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan komentar