Kalah Cacak Menang Cacak Tegese Tuladha Ukara Tulisan Aksara Jawa

kalah cacak menang cacak

Kalah cacak menang cacak, tegese yaiku Samubarang penggaweyan luwih becik dicoba dhisik bisa lan orane. Artinya adalah semua pekerjaan atau sesuatu sebaiknya dicoba lebih dahulu bisa atau tidaknya. untuk tulisan huruf aksara Jawa ada pada bagian bawah.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuhu, wilujeng dalu selamat malam para pemirsa layar hape maupun laptop komputer.

Ungkapan atau unen-unen ini kalebu jinise tembung bebasan. Masuk dalam kategori jenis Basa rinengga Tembung Bebasan Basa Jawa.

Saya kira anda pernah mendengar ungkapan bebasan ini dalam kehidupan sehari – hari yang memiliki makna kalah menang coba dulu.

Dalam bahasa Jawa pada kamus online mengartikan bebasan ini dengan isih bêgjan-bêgjan êmbuh tuna (kalah) êmbuh bathi (mênang.

Artinya adalah masih untung untungan apakah kalah atau menang, yang penting coba dulu aja. Kira kira begitu terjemah artinya secara bebas.

Tembung Bebasan, yaiku unen-unen kang ajeg panganggone, mawa teges entar, lan ngemu surasapepindhan. Pepindhan marang kahanan, sifat, lan watak manungsa.

Artinya dalam bahasa Indonesia Yaitu rangkaian kata yang tetappenggunaanya, bermakna konotatif, dan mengandung makna pengandaian, dimana yang diandaikan adalah keadaan, sifat, dan watak seseorang.

Yang menjadi pertanyaan dan mungkin tidak semua orang Jawa tahu apa artinya dari kata atau tembung cacak.

Dalam Kamus online menyebutkan bahwa nacak tegese yaiku miwiti nyoba, nglekasi njijal, asale saka tembung lingga cacak.

Artinya yaitu memulai untuk mencoba, hendak melakukan percobaan. Jadi cacak sendiri artinya adalah coba, mencoba yang dalam bahasa Jawanya yaitu njijal.

Jadi secara harfiah kalau kita mengartikannya yaitu kalah coba menang coba coba juga, intinya adalah berani mencoba, meskipun belum tau hasilnya apakah sukses ataupun tidak sesuai dengan harapan.

Gawea tuladha ukara kalah cacak menang cacak Tuladhane ukarane (dan artinya) tulisen nganggo Huruf tulisan aksara Jawa

Untuk tulisannya dalam huruf hanacaraka aksara Jawa adalah sebagaimana berikut ini;

aksara jawa kalah cacak menang cacak

Contoh kalimat tuladha ukara misalnya seperti ini;

Asti Setyorini kuwi bocah kendel, samubarang lomba wis tau dilakoni sing penting melu kalah menang ora dadi perkara kayadene unen unen paribasan kalah cacak menang cacak.

Artinya adalah; Asti Setyorini itu anak yang pemberani, semua perlombaan sudah dijalani, yang penting ikutan, kalah menang bukan menjadi persoalan, seperti ungkapan bahasa Jawa kalah mencoba, menang mencoba.

Sebenarnya jika mengacu rumusan dalam pembagian bebasan, paribasan serta saloka ungkapan atau unen unen ini kalebu jinise tembung bebasan.

Namun entah siapa yang salah ku tak tau kenapa dalam LKS gladhen Bahasa Jawa kelas VII menyebutnya dengan paribasan.

Demikianlah informasi mengenai contoh kalimat bebasan dalam Basa Jawa beserta arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia kami lengkapi dengan sedikit penjelasannya.

Maturnuwun sudah mampir ke blog yang sederhana ini, wilujeng dalu, salam kenal, selamat malam dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *