Karoban Segara Madu

Karoban Segara Madu

Unen unen tembung bebasan Karoban samodra madu pinageran wukir sari tegese yaiku entuk utawa oleh kabegjan kang akeh banget. Artinya secara harfiah adalah kebanjiran atau kena banjir lautan (segara) madu.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng dalu selamat malam. Adakalanya orang mendapatkan kesusahan namun juga bisa mendapatkan keberuntungan. Bahkan bisa jadi suatu tempo mendapatkan keberuntungan (kabegjan atau luck) yang sangat banyak.

Contoh misalnya yaitu mendapatkan hadiah uang tunai puluhan atau bahkan ratusan juta, mendapatkan bonus mobil baru dari perusahaan, mendapatkan jodoh yang elok rupawan kaya raya setia serta menyenangkan hati, dan lain sebagainya.

Jadi dalam bahasa Jawa, salah satu bebasane entuk kabegjan kang akeh banget yaiku Karoban segara madu, pinageran wukir sari.

Kenapa bebasannya seperti itu? Apa arti tembung tembung ing bebasan iki?

karena merupakan pepatah atau peribahasa, maka ungkapan ini merupakan suatu pemisalan untuk menyamakan dengan keadaan.

Tegese Karoban Segara Madu lan Pinageran Wukir Sari

Mari kita menerjemahkan artinya bausastra dalam paribasan ini perkata satu persatu.

Tembung karoban asale saka rob, tegese yaiku banjir. Dadine tembung karoban nduweni teges kebanjiran.

Segara yaiku laut, samodra, artinya adalah lautan, samudera.

Madu yaiku …. ya madu, coweran asale saka tawon rasane legi enak lan nyehatne. Madu merupakan cairan sangat manis yang berasal dari lebah yang baik untuk kesehatan.

Jadi dalam ungkapan unen unen ini menggambarkan orang yang mendapatkan banjir madu dalam arti positif. Mendapatkan cairan yang enak yang sangat banyak.

Sehingga maknanya yaitu orang yang mendapatkan keberuntungan yang bertubi-tubi (oleh kabegjan kang akeh banget).

Sedangkan ungkapan yang kedua yaitu pinageran wukir sari.

Tegese pinageran yaiku asale saka tembung pager, pinager tegese yaiku dipageri. Artinya pinageran yaitu berpagar (hmmm.. tapi saya masih belum yakin 100% artinya pinageran).

Tembung wukir tegese yaiku gunung. Artinya wukir adalah gunung.

Sari tegese yaiku kembang.

Jadi dalam ungkapan ini menggambarkan keadaan berpagar gunung bunga. Gambaran tentang keberuntungan yang sangat banyak (kabegjan kang akeh banget).

Tuladha ukara contoh kalimatnya adalah ; Asti Setyorini karoban segara madu amarga entuk hadiah duit atusan yuta. Artinya; Si Asti sangat beruntung karena memenangkan hadiah uang ratusan juta.

Demikianlah informasi tentang tembung bebasan Basa Jawa kang ateges nemu kabegjan kang akeh banget. Semoga menambah wawasan khazanah sastra Basa Jawa yaiku Basa rinengga tembung bebasan. Maturnuwun dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*