Dawa Ususe Tegese, Kalebu Tembung, Aksara Jawa

dawa ususe
Share

Dawa Ususe tegese yaiku sabar. Artinya yaitu panjang ususnya maknanya dalam Bahasa Jawa adalah penyabar, tidak mudah marah, kalebu jenise tembung entar, masuk kategori jenis tembung entar Bahasa Jawa. Tuladha ukara sebagaimana berikut nanti.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dari sini kita sudah paham ya, jadi dawa ususe tembung entar kang ateges sabar, ora gampang nesu.

Untuk lebih mendalami lagi serta menambah bausastra atau kosakata dalam Bahasa Jawa, mari kita mencermati arti dalam ungkapan tembung entar kang ateges sabar ini satu persatu (melalui kamus online).

Tegese dawa yaiku kosokbaline cendhak, artinya adalah panjang, kebalikan dari pendek. Tidak perlu panjang lebar mengulasnya saya rasa sampean paham dengan jelas.

Ususe asale saka tembung usus, tegese yaiku dalaning pangan saka wadhuk mênyang jubur; artinya adalah jalannya pangan dari perut sampai dubur,

Adapula namanya usus êmbing-êmbing yaiku dalan pangan mênyang pusêring jabang bayi saka êmbing-êmbing.

Namun maksud dalam ungkapan ini adalah arti yang pertama, karena subyeknya lazimnya yaitu orang dewasa, bukan bayi.

Adapun dalam Bahasa Jawa, sabar tegese yaiku sarèh (ora kesusu) ênggone nandhang, ngarêp-arêp lan sak piuturute. Artinya adalah tidak terburu buru dalam melakukan sesuatu, mengharapkan dan lain sebagainya.

utawa ora cêpak nêpsune yang artinya tidak dekat nafsunya.

Menurut saya pribadi, kata yang pas untuk mengartikan sabar dalam tembung entar ini yaitu kata yang kedua, ora cepak nepsune.

Gawea tuladha ukara dawa ususe tulisan aksara Jawa huruf Hanacaraka

Berikut ini adalah contoh kalimat dawa ususe tembung entar Basa Jawa lengkap dengan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Langsung saja gaskan contohnya sebagai berikut;

Sanajan isih enom, Asti Setyorini kalebu wong kang dawa ususe, artinya meskipun masih muda, Asti Setyorini masuk kategori orang yang sabar.

Contoh lainnya semisal, bapak lan ibu guru pancen padha dawa ususe anggone mulang para siswa kang maneka warna wategke. Artinya bapak dan ibu guru memang sabar dalam mengajar para siswa yang memiliki watak dan sifat yang bermacam macam.

Adapun teks tulisan huruf aksara Jawa hanacaraka dawa ususe adalah sebagaimana berikut ini.

ꦢ ꦮ ꦲꦸ ꦱꦸꦱꦺ

Demikianlah informasi tentang tembung entar Basa Jawa kang ateges sabar lengkap dengan contoh kalimat, tuladha ukara dan artinya dalam Bahasa Indonesia. Terima kasih, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *