Ukara Pitakon Tembung Kenangapa Tuladha Ukarane (Contoh)

Ukara Pitakon Tembung Kenangapa
Share

Ukara Pitakon Tembung Kenangapa. Semisal ada soal dalam Bahasa Jawa yang berbunyi; damela utawa gawea ukara pitakon nganggo tembung pitakon kenangapa artinya adalah anda mendapat perintah untuk membuat contoh kalimat tanya menggunakan kata “kenapa”.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng enjang selamat pagi para pemirsa internet yang budiman, khususnya siswa siswi pada sekolahan yang soleh solihah rajin menabung dan baik hati.

Kali ini kita akan membahas mengenai tembung kenangapa yang artinya yaitu kenapa atau apa sebabnya.

Arti kenangapa tegese yaiku apa alesane, sebabe apa? dalam bahasa Indonesia kita mengenal kata kenapa, bahasa Inggrisnya adalah “why”.

Jadi jika kita mengartikan frasa “why do you love me” dalam bahasa Jawa bisa dengan kalimat “kenangapa sliramu tresna marang aku?” Bisa jadi contoh kalimat tanya menggunakan kata kenapa dalam bahasa Jawa juga tuh.

Gawea Ukara Pitakon Nganggo Tembung Kenangapa

Dalam bahasa Jawa biasanya para siswa mendapatkan perintah untuk membuat contoh kalimat.

Berikut ini merupakan contoh kalimat dalam bahasa Jawa menggunakan kata pertanyaan “kenapa” yang artinya ukara pitakon nggunaake tembung kenangapa

Langsung saja berikut adalah contoh yang bisa kami haturkan.

Contoh pertama yaitu berkenaan dengan tuladha ukara pitakon banjir. Begini bunyinya;

Kenangapa banjer bisa kedadean? Amarga banyu (versi jawaban cak lontong hahahaa). Jawaban sik tenanan yaiku amarga mangsa rendheng lan akeh alas kang dikethoki wit witane.

Artinya adalah kenapa banjir bisa terjadi? Karena air!!! (jawaban konyol versi cak lontong). Untuk jawaban seriusnya karena musim hujan dan banyak hutan yang ditebangi pepohonannya.

Contoh kenangapa yang kedua berkenaan dengan cerita wayang, yaitu pertempuran antara pandhawa dengan kurawa.

Berikut contoh soal bahasa Jawa menggunakan kata kenangapa.

Kenangapa bisa dumadi perang baratayuda? Perang baratayuda bisa dumadi amarga rebutan negara Hastinapura.

Artinya adalah kenapa bisa terjadi peperangan bharatayudha? Perang bharatayudha bisa terjadi karena perebutan negara Hastina.

Contoh kalimat ketiga sifatnya lebih kekinian, bahkan sepertinya adaptasi kata iklan untuk bahasa yang lebih halus.

Ini dia contoh ketiga kalimat tanya kenapa dalam Bahasa Jawa.

Kenangapa pariwara iku wigati tumrap masyarakat? Pariwara kuwi wigati tumrap masyarakat amarga menehi informasi kang dibutuhake marang masyarakat.

Kenapa iklan itu penting untuk masyarakat? Pariwara atau iklan itu penting bagi masyarakat karena memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Demikianlah informasi tentang contoh kalimat atau tuladhane ukarane Ukara Pitakon Tembung Kenangapa lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia. Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.