Njajah Desa Milang Kori Tegese Paribasan, Tuladha Ukara

njajah desa milang kori tegese
Share

Njajah desa milang kori tegese yaiku Mideri panggonan nganti tekan ngendi-endi artine jajah tekan adoh artinya yaitu mengintari atau memutari tempat sampai kemana mana, banyak lokasi yang sudah di datangi kalebu jenise tembung paribasan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng siang selamat beristirahat bagi yang sedang leyeh-leyeh. Utamanya para siswa siswi SD maupun MI yang duduk pada kelas 6 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.

Kali ini kita akan membahas mengenai paribasane wong kang mideri panggonan nganti tekan ngendi-endi paribasane yaiku njajah desa milang kori.

Kenapa seperti itu? Maksudnya bagaimana?

Ya seperti itulah yang ada dalam buku tantri basa Jawa kelas 6.

Untuk lebih jelasnya akan kita bahas satu persatu tembung yang ada dalam paribasan ini. Lengkap dengan contoh kalimat dalam Basa Jawa beserta artinya tuladha ukara kedalam Bahasa Indonesia.

Langsung saja tanpa basa basi berikut penjelasan informasi serta tuladhane ukarane.

Tegese Njajah Desa Milang Kori artine, Tuladha Ukara

Secara singkatnya, ungkapan paribasan diatas dalam bahasa Jawa dalam kata lainnya yaitu lelungan menyang ngendi-endi. Bepergian kemana-mana, berkelana ke berbagai tempat.

Untuk memahami makna dalam paribasan orang yang berkelana kesana kemari sampai banyak tempat yang telah dikunjungi, berikut arti tembung (kata) perkata dalam ungkapan unen – unen paribasan Basa Jawa.

Njajah asale saka jajah, tegese yaiku wis tau sumurup ingêndi-êndi, akeh sesurupane, artinya menjajah berasal dari kata jajah yang artinya pergi atau bepergian.

Desa tegese yaiku panggonan, keblat, dusun artinya adalah tempat, lokasi dusun, dan lain sebagainya.

Milang asale saka tembung wilang, pamilang, tegese yaiku jumlah, artinya bilangan, jumlah dan lain sebagainya.

Kori tegese yaiku lawang, lawang ing regol, lawang kayu; artinya adalah pintu yang ada di bagian depan rumah, pintu kayu, dan lain sebagainya.

Jadi secara harfiah, arti paribasan ini basa lugune yaiku wis sumurup ngendi-endi desa utawa wewengkon, akeh sesurupane, ngitung lawang kang ana ing regal.

Artinya adalah sudah banyak menjelajah tempat lokasi, mengetahui banyak hal (tempat) menghitung pintu-pintu yang ada di regol depan rumah.

Maksudnya yaitu seseorang yang banyak bepergian berkelana kesana kemari sehingga mengetahui banyak tempat dan lokasi.

Gawea tuladha ukara Basa Jawa nganggo tembung paribasan ana ing ndhuwur utawa nang ngisor iki.

Contoh kalimatnya adalah; Aku duwe kanca, jenenge Bagus Peni Handoyo kerjo pelayaran, dheweke Njajah desa milang kori.

Artinya dalam Bahasa Indonesia yaitu,” Saya punya kawan, namanya Bagus Peni Handoyo, kerjanya di pelayaran, dia telah berkelana kemana mana berbagai tempat.

Demikianlah informasi mengenai tegese paribasan sing ateges uwong kang lelungan tekan ngendi-endi. Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.