Anak Polah Bapa Kepradah Tegese Paribasan, Aksara Jawa

anak polah bapa kepradah
Share

Anak polah bapa kepradah arti saking paribasan ing dhuwur yaiku wong tuwa melu repot amarga tumindake anake. Artinya anak berulah ayah yang menanggung malu. Bagaimana tulisanya dalam Bahasa Jawa, tulisane aksara Jawa kaya mengko nang ngisor.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, kali ini kita akan membahas mengenai peribahasa bahasa Jawa yaitu paribasan anak polah bapa kepradah tegese yaiku wong tuwa melu repot amarga tumindake anake.

Artinya adalah orang tua turut menanggung akibat serta kerepotan karena tingkah polah perilaku perbuatan anaknya.

Untuk lebih jelas memahami makna dalam peribahasa ini mari kita terjemahkan satu persatu kata (tembung) dalam kalimat ini (unen unen).

  • Anak tegese yaiku keturunan langsung saka wong tuwane (bapa biyung/rama ibune)
  • Polah tegese yaiku kakehan pratingkah (reka), artinya adalah banyak tingkah
  • Bapa tegese yaiku bapak, wong tuwane (biasane) kandung lanang, artinya adalah ayah
  • Kepradah tegese yaiku entuk isin, kisinan artinya yaitu mendapatkan malu.

Jadi secara harfiah, artinya anak polah bapa kepradah artinya adalah anak yang (kebanyakan) bertingkah ayah mendapatkan malu. Maksudnya yaitu juga menanggung akibat perbuatan anaknya, mengatasi tingkah laku perbuatan sang anak.

Lebih tepatnya secara makna dalam bahasa Jawa yaitu orang tua ikut repot mengatasi masalah yang timbul akibat perbuatan anaknya.

Tulisan Aksara Jawa Anak Polah Bapa Kepradah

Apabila ada soal pertanyaan bahasa Jawa yang berbunyi gawea utawa tulisen nganggo aksara jawa ukara unen unen paribasan sing ukarane yaiku anak polah bapa kepradah!

Maka berikut adalah contoh tulisane aksarane Basa Jawa.

Contoh dalam kehidupan sehari hari misalnya ada anak yang meminjam motor temannya, kemudian bertingkah gaya-gayaan yang menyebabkan motor tersebut rusak.

Maka tentunya orang tua juga ikut repot untuk mengganti atau minimal membayar ongkos perbaikan sepeda motor yang dipinjam dan dipakai anaknya sehingga menjadi rusak.

Tuladha ukarane misale yaiku Agustinus nyilih pit montore kancane, banjur rusak, sidane bapake Agustinus kudu ngragati montore kancane Agustinus mau.

Demikianlah informasi mengenai arti makna atau tegese ukara unen unen tembung paribasan basa Jawa kang unine yaiku anak polah bapa kepradhah tegese yaiku wong tuwa melu repot amarga polahe anake.

Lengkap dengan teks tulisan aksara Jawa yang bisa anda copy paste atau anda tirun untuk mengerjakan soal ujian dan juga ulangan harian pada sekolah SD SMP maupun jenjang pendidikan SMA. wilujeng sonten, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.