Tumindak Kang Kesusu Mesti Ora Kebeneran Iku, Paribasane

Tumindak Kang Kesusu Mesti Ora Kebeneran
paribasane Tumindak Kang Kesusu Mesti Ora Kebeneran
Share

Tumindak kang kesusu mesti ora kebeneran iku, paribasane a. kebat kliwat gancang pincang b. kaduk Wani kurang dedung c. kalah cicak menang Cacak d. kadang Konang e kelacak kepathak bedhekane jawabane sing bener yaiku huruf A. Kebat kliwat gancang pincang.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng magrib para muda pamaos internet ingkang kinormatan, selamat sore kawula muda pembaca internet yang kami hormati.

Kali ini kita akan membahas mengenai peribahasa tentang bertindak yang tergesa-gesa pasti tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Apakah paribasan yang cocok untuk perbuatan tergesa gesa namun tidak ada yang benar ini dalam Bahasa jawa?

Paribasane Tumindak Kang Kesusu Mesti Ora Kebeneran

Paribasan kang cocok yaiku kebat kliwat gancang pincang.

Arti perkata atau tembung yang ada dalam ukara unen unen paribasan ing nduwur yaiku;

Kebat tegese cepet banget, dalam bahasa Indonesia artinya adalah sangat cepat.

Tegese Kliwat yaitu kelewatan, ana sing keri utawa kleru, artinya adalah ada yang terlewat karena cepatnya dalam melakukan sesuatu.

Tegese gancang pincang, gancang artinya yaiku mlaku cepet-cepet utawa kesusu. Berjalan dengan tergesa-gesa atau kenganu.

Tegese Pincang jalannya terpincang, atau tidak berjalan dengan semestinya karena tidak imbang, sakit, terluka dan sebagainya.

Jadi maksud kata gancang pincang adalah berjalan dengan tergesa-gesa mempunyai peluang jatuh lebih besar, yang dapat mengakibatkan kaki menjadi terluka yang mengakibatkan jalannya pincang.

Dalam berbagai nasehat bijak, bahwasanya melakukan sesuatu dengan cepat bukanlah hal yang buruk, malah bisa dianggap sebagai tindakan yang cekatan.

Namun kebat dalam arti cepat disini sayangnya bukan kecepatan yang baik, karena ada keliwatnya.

Yaitu cepat karena tergesa gesa bukan karena ketrampilan dan keahlian, namun cepat tanpa kecermatan yang bertindak sehingga ada hal yang kliwat alias kelewatan.

Sehingga hasil dari perbuatan tergesa gesa ini menimbulkan masalah pada kemudian hari.

Alasannya berbagai hal keadaan sesuatu yang terlewat (kliwat).

Kalau dalam pepatah bahasa arab mahfudzot kata bijak, paribasan ini sesuai dengan kalimat al ‘ajalatun min ‘amalisy syaithon yang artinya tergesa-gesa adalah perbuatannya setan.

Yang dalam tulisan teks huruf arabnya al’ajalatu min amalisy syaithooni sebagai berikut;

Demikianlah informasi tentang Tumindak kang kesusu mesti ora kebeneran iku, paribasane yaiku kebat kliwat gancang pincang.

Semoga kita termasuk golongan orang yang cermat dalam bekerja cepat dan cekatan mengarjakan menyelesaikan pekerjaan. Namun bukan tergesa-gesa. Wilujeng dalu, selamat malam salam kenal wassalaamu’alaikum.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.