Ana Daulate Ora Ana Begjane Tegese lan Maknane

Ana Daulate Ora Ana Begjane Tegese arep nemu kabegjan, ning ora sida tegese
Share

Ana Daulate Ora Ana Begjane Tegese arep nemu kabegjan, ning ora sida jawaban menjawab soal ujian yang berbunyi Jlentrehna tegese tembung nang ngarep utawa ing ndhuwur kuwi mau. Artinya adalah hendak menemukan keberuntungan namun tidak jadi alias batal.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, selamat sore, kali ini kita akan membahas mengenai paribasan tentang (seseorang) yang nyaris, hampir saja, hendak akan, mendapatkan kemuliaan atau keberuntungan.

Namun yang namanya nyaris artinya adalah tidak jadi.

Bagaimana ukara unen unen tembung paribasan ini artinya nyaris dapat keberuntungan namun batal alias tidak jadi?

Untuk memahami maksudnya maka ada baiknya kita mengetahui arti perkata utawa dasanama tembung ing unen unen ukara kang kalebu jinise paribasan ini.

Langsung saja berikut arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia

Ana Daulate Ora Ana Begjane Tegese

Apa arti perkata? Ini dia penjelasannya.

Ana daulate tegese yaiku ana hal kang meh, arep, dalam bahasa Indonesia kita mengenal kata nyaris, hampir saja, kalau dalam bahasa Jawa sebutannya adalah meh wae.

Kata daulat ini berbeda dengan kosakata bahasa Arab yang berarti kerajaan atau dinasti, namun dalam bahasa Indonesia, tembung daulat tegese yaiku meh wae, arepan.

Ora ana tegese yaiku mboten wonten, tidak ada. Tidak perlu kami jelaskan karena sudah gamblang artinya.

Begjane tegese yaiku kabegjan, saka tembung begja tagese yaiku untung, jadi maksudnya begjane adalah keberuntungannya.

Maka benarlah apabila menerjemahkan maksud dari ukara unen unen ini dalam penjelasan bahasa jawa dalam kalimat yaitu arep nemu kabegjan, ning ora sida. Hendak mendapatkan keberuntungan namun tidak jadi, gagal, batal dan lain sebagainya. Intine zonk.

Lebih dalam lagi ada yang menjelaskan bahwa seperti orang yang memiliki kemampuan otak (kecerdasan). Juga beserta usaha dan ikhtiar yang cukup untuk mencapai apa yang menjadi cita citanya.

Namun apabila hal tersebut dikejar (idam idamannya atau cita citanya) banyak gagalnya karena belum menjadi keberuntungannya atau jatah rejekinya.

Paribasan ini mengingatkan bahwa keberuntungan serta celaka adalah mutlak milih Allah SWT yang maha Kuasa.

Maksudnya apa yang sudah Allah gariskan manusia tidak bisa mengelak. Dan manusia hanyalah sekedar menjalankan namun tetap perlu adanya ikhtiar usaha dan semangat.

Begitulah arti paribasan Ana Daulate Ora Ana Begjane Tegese lan Maknane, salam kenal wilujeng sonten dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.