Bebek Mungsuh Mliwis Tegese Yaiku, Jenise, Aksara Jawa

bebek mungsuh mliwis
Share

Bebek Mungsuh Mliwis nduweni teges apa, yaiku wong pinter mungsuh wong kang podho pintere ananging sijine kalah ulet lan trampil, kalebu Jenise tembung unen-unen basa rinengga paribasan, Aksara Jawa ꦧꦺꦧꦺꦏ꧀ꦩꦸꦁꦱꦸꦃꦩ꧀ artinya bebek biasa bertanding dengan bebek liar memiliki arti orang pintar bermusuhan/bertanding dengan orang yang pintar pula namun salah satunya kalah ulet dan terampil.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng siang para among sinau siswa siswi pelajar murid SD SMP SMA utawi para santri Madrasah MI MTs Aliyah sae engkang negeri utawi swasta.

Kali ini kita akan membahas peribahasa dalam Bahasa Jawa mengenai adanya pertandingan atau perseteruan dua orang atau dua belah kubu yang memiliki kemampuan mumpuni. Sama-sama pintar dan cerdas. Namun sayangnya ada yang kalah karena kalah dalam keuletan dan ketrampilan.

Awalnya saya bingung dengan tembung (kata) mliwis, apaan nih?

Setelah membaca kemudian dalam hati saya mengatakan oooo….

Baiklah untuk mengetahui kenapa artinya paribasan ini adalah pertandingan dua orang yang sama pintar, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Bebek Mungsuh Mliwis Tegese yaiku

Untuk bisa memahami maksudnya maka perlu kita mengerti makna dalam salah satu basa rinengga paribasan ini.

Bebek tegese yaiku kewan kalebu jenise unggas, pinter nglangi, awake kaya banyak, namung awake luwih cilik, dadi ingon-ingone manungsa. Maksudnya bebek dalam peribahasa ini adalah hewan yang masuk dalam kategori unggas, pandai berenang, memiliki bentuk seperti angsa namun lebih kecil. Menjadi piaraaan atau hewan peliharaan manusia.

Dalam bahasa Indonesia ada yang menyebut dengan sebutan itik.

Mungsuh tegese yaiku lawan, adu kekuatan, kepinteran lan sak piturute, artinya mungsuh dalam hal ini adalah lawan tanding, mengadu kekuatan ataupun kecerdasan dan lain sebagainya.

Mliwis tegese yaiku bebek alas, artinya adalah bebek liar yang hidup di hutan belantara, tidak menjadi hewan peliharaan.

Jadi bebek mungsuh mliwis tegese lugu yaiku bebek ingon-ingon mungsuhe ambek bebek sing urip ana ngalas.

Urusan bertanding antara hewan unggas ini yaitu bebek (peliharaan) dengan mliwis (bebek liar) mestinya dalam hal berenang.

Tentu kedua unggas ini baik bebek maupun mliwis memiliki kemampuan mumpuni untuk berenang. Merupakan pepindhan atau penggambaran dua orang yang sama-sama pintar bertanding.

Namun, apabila sama postur dan kekuatan antara bebek dengan mliwis, lazimnya hewan liar akan lebih jago dalam berenang, dan akhirnya mampu mengalahkan hewan yang hidup di kandang dalam peliharaaan manusia.

Tulisan Aksara Jawa Bebek Mungsuh Mliwis

Gawea utawa tulisen nganggo huruf tulisan aksara Jawa paribasan kang ukara unen unene yaiku bebek mungsuh mliwis!

Berikut ini adalah teks tulisannya dalam huruf jawa yang biasa kita menyebutnya dengan hanacaraka.

Demikianlah informasi tentang paribasane ing ndhuwur ukara unen unene yaiku bebek ketemu musuh mliwis yang artinya adalah bebek peliharaan bertanding dengan bebek liar yang hidup di hutan, memiliki arti atau makna dua orang sama sama pintar bertanding. Terima kasih sudah berkunjung, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.