Jangkrik Buntut Lawe Batangane Cangkriman

jangkrik buntut lawe
Share

Batangane cangkriman jangkrik buntut lawe bedhekane utawa tegese yaiku mesin jait. Jawaban teka teki dalam bahasa jawa jengkerik berekor lawe adalah mesin untuk menjahit, kalebu cangkriman tembang kang irah-irahane nyata kowe wasis.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng dalu selamat malam para pelajar pada sekolah SD SMP SMA maupun para santri pada Madrasah MI MTs maupun Aliyah.

Kali ini kita akan membahas mengenai sebuah teka teki tebak tebakan bahasa Jawa. Yaitu yang ada dalam lagu dolanan anak dengan judul nyata kowe wasis (artinya jika kamu benar-benar pintar).

Dalam cangkriman ini menyebutkan seekor hewan yaitu jangkrik (jengkerik) yang berekor lawe (bolah, bahasa Indonesianya adalah benang).

Kenapa menyebut dengan jangkrik?

Karena bentuk mesin jahit menyerupai hewan kecil yang kita menyebutnya dengan jengkerik. Dalam bahasa Jawa amarga bentuke mesin jait memper kaya jangkrik.

Sampai disini saya agak bingung. Mesin jahit seperti apa ya yang bentuknya seperti hewan yang memiliki rumah pada lobang tanah ini?

Ah sudahlah yang penting secara jawaban bahasa Jawa benar yaitu mesin untuk menjahit (mesin jait).

Jangkrik buntut lawe batangane Mesin jait, tegese tembung cangkriman

Secara kamus besar bahasa Indonesia, jengkerik adalah serangga, biasa hidup di tanah (sawah ). Berwarna cokelat atau hitam, bersayap ganda, mengeluarkan bunyi “krik, krik”; riang-riang.

Jangkrik yaiku kewan cilik biasane urip nang lemah (sawah) wernone coklat utawa ireng, nduwe swiwi dobel, munine krik-krik.

Buntut tegese yaiku bagian sing paling mburi dhewe, dalam bahasa Indonesia maksudnya buntut adalah bagian yang paling belakang sekali.

Lawe tegese yaiku bolah, yaiku tali alus kang dipintal seka kapuk utawa sutra lan sak piturute, kanggo njait utawa nenun.

Benang (bahasa Jawanya bolah atau lawe) adalah tali halus yang dipintal dari kapas (sutra dan sebagainya) dipakai untuk menjahit atau menenun.

Jadi apabila kita mengartikan secara harfiah teka teki ini adalah hewan kecil yang bunyinya krik krik krik memiliki ekor benang, maka jawaban tebakan kata dalam bahasa Jawa ini adalah mesin untuk menjahit.

Demikianlah informasi mengenai bedhekane Jangkrik buntut lawe batangane Cangkriman yaiku mesin jait. Wilujeng dalu, selamat malam, terima kasih sudah menengok blog sederhana ini, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.