Gelem Ngakoni Sedulur Karo Sing Sugih

Gelem Ngakoni Sedulur Karo Sing Sugih

Ngaku sedulur karo wong sing sugih iku paribasane kadang konang. Artinya adalah mau mengakui sebagai saudara apabila kaya atau memiliki banyak harta.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, ada ungkapan bahasa Jawa atau paribasan yang menyebutkan sifat tidak baik dalam bersaudara.

Yaitu menganggap saudaranya atau mengakui saudara berdasarkan harta kekayaan atau derajat dan pangkatnya.

Maksudnya adalah apabila ada orang yang kondisinya miskin, tidak memiliki kekuasaan (derajat pangkat) maka orang tersebut tidak menganggapnya sebagai saudaranya.

Ungkapan paribasan untuk perilaku ini adalah kadang konang.

Dalam bahasa Jawa tegese kadang yaiku sedulur, artinya adalah saudara. Pada KBBI, arti saudara adalah rang yang seibu seayah (atau hanya seibu atau seayah saja); adik atau kakak; 2 orang yang bertalian keluarga; sanak:

Intinya dalam ungkapan ini yaitu orang yang memiliki pertalian darah baik itu dekat atau sudah lumayan agak jauh.

Sedangkan tembung konang tegese yaiku araning kéwan saèm. lalér ing wéténg ana pélik-péliké. Artinya adalah kunang-kunang, yaitu sebutan untuk hewan yang mirip dengan lalat yang pada bagian perutnya ada kelap kelipnya.

Tegese pélik yaiku anting-anting nganggo inten, ceplik.

Contoh kalimat misalnya ; Ora becik paseduluran sing kadang konang amarga milih-milih lan mbedak-mbedakne sedulure amarga bandha donyane.

Artinya tidak baik persaudaraan yang persaudaraan kunang-kunang karena pilih-pilih dan membedakan saudara mengacu harta kekayaannya.

Ngaku sedulur karo wong sing sugih iku paribasane kadang konang, Gelem Ngakoni Sedulur Mung Karo Sing Sugih

Bagaimana bisa paribasan ini merujuk kepada perilaku hanya mengakui saudara apabila kaya atau memiliki kedudukan yang bagus?

Jadi secara harfiah kadang konang artinya adalah saudara kunang – kunang. Yaitu hewan yang memiliki cahaya kelap kelip pada bagian perutnya.

Kelap kelip pada perut kunang-kunang ini menjadi perlambang atau gambaran tentang kekayaan.

Kenapa perlambangnya adalah kelap kelip atau sesuatu yang bercahaya? Karena pada malam hari kelap kelip lampu kunang-kunang ini tampak indah dan menarik.

Untuk itulah harta benda atau kekayaan yang menjadikan orang yang memilikinya seperti kunang-kunang yang kelap kelip bercahaya yang menarik.

Karena menariknya sehingga mendapatkan pengakuan dari orang-orang.

Yaitu karena gebyarnya cahaya yang ada pada hewan sejenis serangga ini menjadi perlambang sesuatu yang indah dan menarik.

Bagaimana kunang-kunang bisa mengeluarkan cahaya?

Melansir dari situs Earth Sky, Bahwasanya kelap kelip pada perut kunang-kunang berasal dari reaksi kimia yang disebabkan oleh senyawa organik, luciferin, yang ada di perutnya. Pada Saat udara masuk ke perut kunang-kunang, udara tersebut bereaksi dengan luciferin.

Kejadian inilah yang menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan cahaya pada kunang-kunang.

Demikian informasi tentang paribasan basa Jawa kang ateges gelem ngaku sedulur gur karo wong kang sugih. Maturnuwun dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*