Arep Jamure Emoh Watange Tegese, Tuladha Ukara

arep jamure emoh watange
Share

Paribasan iki terangna jlentrehna tegese banjur gawea ukara! Arep Jamure Emoh Watange Tegese gelem kepenake ora gelem rekasane artinya mau jamurnya tidak mau batangnya maksudnya yaitu mau enaknya tidak mau susahnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng enjang selamat pagi, kali ini kita akan membahas mengenai paribasan basa jawa tentang jamur berkenaan dengan sikap tidak baik watak buruk manusia.

Yaitu model manusia yang hanya mau enaknya sendiri.

Bagaimana bisa?

Yaitu hanya memilih bagian yang enak namun meninggalkan (tidak mau) yang tidak enak.

Yaitu peribahasa dalam bahasa Jawa yang artinya adalah mau jamurnya tidak mau belepotnnya.

Kenapa begitu?

Begini penjelasannya

Arep Jamure Emoh Watange Tegese gelem kepenake ora gelem rekasane

Apa sih jamur itu? Pangertene jamur bsaa jawa yaiku bangsaning] têtuwuhan tanpa godhong uripe ngrusuhi barang liyane; artinya yaitu sebangsa tumbuhan tanpa daun yang hidup mengganggu barang lainnya.

Watange tegese yaiku gothek utawa belepotan. Maksudnya adalah belepotan kotor pada saat mengambil atau memanen jamur.

Jadi singkatnya perilaku peribahasa ini adalah orang yang mau hasilnya yaitu jamur dalam paribasan ini namun dia tidak mau kotor belepotan.

Yaitu belepotan karena memetik atau mengambil jamurnya dari tempat lokasi tumbuhan tanpa daun yang menempel pada tempat tertentu ini.

Tuladha ukara

Berikut adalah contoh kalimat berkenaan dengan perilaku kurang baik hanya mau enaknya saja.

Semisal ada soal dalam bahasa Jawa yang berbunyi gawea ukara nganggo tembung paribasan kang tegese gelem penake ora gelem rekasane!

Ini dia beberapa contoh kalimat ukara Basa Jawanya.

Si Agustinus bocahe rusuh, gelem ngombe nanging ora gelem gawe wedang, kelakuane kaya paribasan ukarane arep jamure emoh watange.

Ester gelem mangan pelem ananging ora gelem ngonceki peleme, kaya ukara paribasan unine arep jamure emoh watange.

Demikianlah informasi tentang salah satu paribahasa dalam bahasa Jawa yang menjelaskan tentang kelakuan perilaku seseorang yang hanya mau enaknya saja tidak mau susahnya.

Yang dalam bahasa Jawa yaiku ukarane gelem senenge, kepenake, ananging wegah susahe rekasane. Wilujeng enjang, selamat pagi, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.