Anggenthong Umos Tegese Paribasan Bebasan

anggenthong umos
Share

Anggenthong Umos Tegese Yaiku Wong Kang Ora Bisa Nyimpen Wewadi artinya tempayan yang merembes artinya adalah orang yang tidak bisa menyimpan. Kalebu Jinise tembung bebasan yang dalam bahasa Indonesianya yaitu masuk dalam kategori jenis bebasan.

Pontren.com – assalamualaikum para pemirsa maupun pembaca internet yang budiman, semoga dalam keadaan yang sehat selalu mendapatkan anugerah rahmat dan hidayah Allah Subhaanahu wa Ta’aala.

Kali ini kita akan membahas mengenai paribasan bebasan sing tegese yaiku wong kang ora bisa nyimpen wewadi.

Yaitu berkenaan dengan orang yang tidak bisa menyimpan rahasia.

Jadi tegese wewadi yaiku rahasia. Sesuatu yang menjadi rahasia, tidak boleh diketahui khalayak umum.

wong kang ora bisa nyimpen wewadi  paribasane bebasane yaiku Anggenthong umos

untuk mengetahui kenapa orang yang tidak bisa menyimpan sesuatu rahasia dengan menggunakan istilah ini maka perlu kita memahami arti kata atau dasanama ukara tembung nang ngisor utawa ndhuwur mau.

Anggenthong asale saka genthong, yaiku wadah kanggo ndokok banyu, gentong artinya adalah tempayan untuk menyimpan air.

Biasanya tempatnya berada di dapur untuk mempermudah keperluan memasak maupun mencuci tangan dan lain sebagainya.

Umos tegese yaiku rembes amarga mlethek, borot, bocor, rembes lan sak piturute, nyebabake banyu kang ana genthong iso metu lan entek.

Artinya umos adalah merembes karena retak, borot, bocor, berlubang dan lain sebagainya. Menyebabkan air yang berada pada tempayan keluar bahkan sampai habis.

Dalam paribasan ini mengibaratkan air sebagai sebuah rahasia yang dalam bahasa jawa disebut dengan wewadi.

Kemudian genthong yaitu pengandaian atau ibarat manusia yang memegang rahasia tadi.

Umos, yaitu rembes memberikan gambaran sifat seseorang yang membuat rahasianya bocor kemana mana karena orang yang gambarannya sebagai genthong tadi mengalami rembesan penyebab keluarnya air.

Maka untuk itulah pengibaratan orang yang tidak bisa menyimpan rahasia bagaikan gentong merembes yang dalam bahasa Jawa yaitu (ang)genthong umos.

Yang dalam bahasa Jawa kita bisa membahasakan dengan pengertian atau penjelasan wong kang ora bisa nyimpen wewadi (seseorang yang tidak mampu menjaga rahasia).

Demikianlah informasi paribasan bebasan bahasa Jawa beserta penjelasan dasanama bausastra tembung, salam kenal, wilujeng dalu dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.