Cangkriman Batangane Mburi

cangkriman batangane mburi
Share

Gawea ukara tuladha kepriye unine cangkriman kang batangane mburi. Artinya dalam bahasa Indonesia yaitu buatlah kalimat contoh bagaimanakah bunyinya tebak tebakan basa Jawa yang jawabannya yaitu di belakang.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng enjang para pamong sinau murid sekolah dasar menengah pertama atas alias SD SMP SMA utawi Madrasah Ibtidaiyah Tasanawiyah Aliyah (MI MTs MA) sae engkang Negeri lan Swasta.

Selamat pagi para siswa siswi anak didik pada sekolah formal segala jenjang pendidikan dasar baik SD SMP SMA maupun Madrasah MI MTs MA baik itu negeri maupun swasta.

Kali ini kita akan menjawab tebak-tebakan bahasa Jawa alias teka teki yang jawabannya adalah di belakang. Dalam bahasa Jawa yaitu batangane cangkriman yaiku mburi.

Kepriye unine ukarane?

Kanggo njawab pitakon ana nang ndhuwur utawa nang ngisor, mangkene ukarane. Untuk menjawab pertanyaan di atas atau di bawah tersebut maka jawabannya adalah sebagai berikut;

sapi mlaku ngalor buntute ana ing endi batangane cangkriman yaiku ana mburi.

Sama saja sapine mlaku ngalor ngidul ngetan ngulon buntute ana ngendi jawabane tetep wae batangane yaiku ana mburi.

Artinya adalah ada seekor sapi yang berjalan ke arah utara, ekornya ada di mana? Jawabannya dalam bahasa Indonesia yaitu ada di belakang.

Sama saja nanti apabila ada pertanyaan apakah sapinya berjalan ke arah timur utara selatan barat dan lain sebagainya, ekornya ada dimana? Maka tetap saja jawabannya ekornya ada di belakang.

Cangkriman Batangane Mburi

Dalam kalimat lain ada versi arah menghadap sapinya, jadi bukan dia berjalan kemana.

Jadi kalimat pertanyaan tebak-tebakan teka teki dalam bahasa Jawa ini bunyinya sebagai berikut;

Sapi yen nalika madhep ngalor buntute ana ngendi? Batangane yaiku buntute ana mburi.

Artinya adalah apabila ada seekor sapi yang suatu saat menghadap ke arah utara, buntutnya atau ekornya ada dimana?

Maka jawabannya adalah ada di belakang.

Demikianlah contoh tebak tebakan bahasa jawa mengenai sapi dan arahnya serta letak ekor alias buntutnya yang tebakannya atau cangkriman sing batangane ana mburi.

Akhirnya wilujeng enjang, selamat pagi, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *