Dilebokne malah Metu Batangane Bedhekane Cangkriman

dilebokne malah metu
Share

Dilebokne malah Metu Batangane Bedhekane Cangkriman yaiku benik, artinya dimasukkan malah keluar, jawaban teka teki tebak tebakan kata dalam Bahasa Jawa ini adalah kancing baju.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, kali ini kita akan membahas mengenai cangkriman Basa Jawa ukarane yaiku dilebokne malah metu, batangane yaiku benik klambi.

Kenapa bisa begitu?

Mari kita urai satu persatu kata ini secara arti dan terjemahnya dalam bahasa Indonesia.

Dilebokne nduwe kaitan karo tembung mlebu, artine yaiku menyang njero. Asline lebu, dadi lebon. Kata dimasukkan mempunyai kaitan dengan kata masuk, artinya yaitu menuju kedalam.

Malah nduweni teges nanging, kosok baline mlebu utawa dilebokne mau. Malah mempunyai arti nanging – Jawa yang memiliki arti kebalikan kata sebelumnya yaitu dimasukkan.

Metu tegese yaiku menyang utawa tekan ing jaba (saka jero) artinya yaitu menuju sampai diluar (dari dalam).

Dilebokne malah Metu Bedhekane Benik Klambi (kancing baju)

Jadi apabila teka teki ini kita jabarkan dalam kalimat yang luas dan jelas baik dalam bahasa Jawa ataupun bahasa Indonesia maka bunyinya kira kira seperti ini;

(Barang) apa nek menyang njero (mlebu) ananging malahan tekan ing jaba (saka njero). Artinya sesuatu apakah yang masuk kedalam namun malah dia sampai diluar (dari dalam).

Maka jawabannya adalah benik klambi yang dalam bahasa Indonesianya yaitu kancing baju.

Dalam bahasa Jawa, tegese benik yaiku kancinging klambi lan sak piturute, arti kancing baju adalah pengunci pakaian.

Dalam wikipedia menyebutkan bahwa kancing baju pengertiannya adalah alat kecil berbetuk pipih dan biasanya bundar yang dipasangkan pada lubang kancing untuk menyatukan dua helai kain yang bertumpuk. Atau sebagai ornamen.

Selain memiliki bentuk bundar, kancing ada juga yang memiliki bentuk bulat, persegi maupun segi tiga.

Dari sini setidaknya ada 2 fungsi kancing baju yaitu 1) sebagai alat untuk mengancingkan kain yang bertumpuk; dan 2) sebagai ornamen hiasan pakaian agar lebih cantik indah dan artistik.

Sekedar tambahan informasi, jika anda membeli baju yang lumayan ber merk dan ada kain serta kancing bajunya setidaknya mempunyai 2 fungsi.

Apa fungsinya?

Pertama kancing baju tersebut bisa menjadi serep atau cadangan jika ada salah satu kancingnya yang tanggal.

Yang kedua yaitu sebagai lokasi untuk mengecek kekuatan kain jika anda hendak menyetrika pakaian tersebut, apakah berakibat rusak atau tidak pada kain dan kancing tersebut untuk percobaan.

Demikianlah informasi mengenai cangkriman bahasa Jawa batangane benik kang ukara cangkrimane yaiku yen Dilebokne malah Metu. Salam kenal, wilujeng dalu dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.