Mbuwang Tilas Tegese, Kalebu Tembung

Apa Tegese paribasan mbuwang tilas (peribahasa Jawa)? Kalebu tembung entar kang ateges nutupi tumindhake kang ala, rewa-rewa ora mentas tumindak pagawe ala, artinya adalah membuang bekas.

Maknanya adalah menutupi perbuatannya yang buruk, pura pura tidak melakukan perbuatan buruk atau jahat, masuk kategori tembung entar, tuladha ukara contoh kalimat ada di bagian bawah.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, selamat pagi, wilujeng enjang para pembaca yang budiman.

Dalam mengartikan maksud dari tembung entar ini ada berbagai kalimat.

Namun muara dari penjelasannya adalah orang yang melakukan suatu perbuatan tidak baik dan dia berusaha menutupi atau pura pura tidak melakukannya, supaya orang lain tidak mengetahui tabiat perbuatan jeleknya.

Ada juga yang memasukkan ungkapan ini dalam tembung paribasan (bebasan saloka), dengan penjelasan maksud unen unen ini dengan “nylamur nindakake apa-apa supaya aja konangan pialane”.

Secara harfiah, mbuwang asale saka tembung buwang kang tegese bucal, guwak, artinya membuang, melemparkan sesuatu supaya hilang.

mbuwang tilas

Tilas nduweni teges tipak, yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah bekas, semisal bekas jejak kaki dan lain sebagainya.

Kalau menerjemahkan secara harfiah kedalam bahasa Indonesia adalah menghilangkan jejak, maksudnya bertindak pura pura tidak tau supaya orang tidak mengetahui perbuatan atau perilaku tabiat buruknya.

Tuladha ukara Mbuwang tilas Aksara Jawa

Wenehana, gawea tuladha ukara unen unen tembung mbuwang tilas! Kemudian lengkapilah dengan arti beserta terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Berikut adalah contoh kalimat tuladha ukara ukarae basa Jawa menggunakan tembung entar Basa Jawa sebagaimana dalam irah-irahan (judul) tulisan ini.

Ini dia contohnya.

Agustinus mbuwang tilas kanthi ethok-ethok takon sapa sik kelangan pacul ndek esuk. Artinya agustinus berusaha menyembunyikan tabiat buruknya dengan pura-pura bertanya siapa yang kehilangan cangkul di pagi hari.

Adapun tulisan huruf aksara Jawa sebagai berikut ini;

ꦩ꧀ꦧꦸꦮꦁ ꦠꦶꦭꦱ꧀

Demikianlah ungkapan unen unen tembung entar basa Jawa kali ini, semoga menambah informasi mengenai arti dan terjemahnya (tegese mbuwang tilas).

Maturnuwun sudah mampir membaca, salam kenal, wilujeng enjang dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*