Asor Kilang Munggwing Gelas Tegese Basa Jawa

Asor Kilang Munggwing Gelas
Share

Asor Kilang Munggwing Gelas Tegese yaiku gunem manis tur marak ati lan bisa mranani sing krungu artinya adalah kata kata manis dan juga membuat gembira dan memberi kesan yang baik bagi yang mendengar.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, selamat malam, lanjut lagi membahas salah satu dari bebesan paribasan saloka bahasa Jawa yang berkenaan dengan kata kata manis namun bukan lamis.

Sebelum mengartikan dan memaknai maksudnya alangkah baiknya untuk mengetahui dasanama atau arti perkata secara harfiah dalam ukara unen unen ini.

Asor dalam kata ini dipergunakan untuk sebaliknya.

Sedangkan kilang tegese yaiku bahan kanggo nggawe gula. artinya adalah bahan baku untuk membuat gula.

Munggwing tegese yaiku ana ing artinya ada pada atau di (tergantung nanti lanjutnya apa) yang dalam hal ini adalah gelas, tempat untuk menuangkan benda cair utamanya minuman.

Gelas dalam kamus bahasa Indonesia maksudnya adalah tempat untuk minum, berbentuk tabung terbuat dari kaca dan sebagainya. Yang dalam bahasa Jawa artinya yaitu wadah kanggo ngombe, bentuke tabung biasane bahane saka kaca lan sak liya liyane.

Arti Asor Kilang Munggwing Gelas Tegese Basa Jawa ke Bahasa Indonesia

Setelah mengetahui arti harfiah dari paribasan ini selanjutnya adalah menerjemahkan kata singkat. Sebagai penjelasannya yang ukarane yaiku gunem manis tur marak ati lan bisa mranani sing krungu.

Gunem tegese yaiku omongan, artinya pembicaraan, cara berbicara termasuk isi pembicaraan bahan obrolan.

Manis artinya sama saja yaitu manis, maksudnya nyaman dirasakan dan gambaran untuk hal yang menyenangkan.

Marak arti tegese yaiku nggawe bungah artinya adalah membuat bahagia.

Mranani tegese yaiku menehi kesan kan nengsemake utawa apik, maksudnya yaitu memberikan kesan yang baik dan menyenangkan. Maksudnya adalah pembicaraan atau gunem tadi memberi kesan baik.

Sing krungu tegese yaiku wong kang mirengake gunem, artinya adalah orang yang mendengarkan cara berbicara beserta isi pembicaraan.

Begitulah ukara tembung unen unen tegese Asor Kilang Munggwing Gelas. Tegese yaiku gunem manis tur marak ati lan bisa mranani sing krungu.

Maksudnya yaitu cara berbicara dan isinya yang menyenangkan dan membuat hati senang serta menak bagi yang mendengar.

Akhirnya wilujeng dalu, selamat malam salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.