Banyu Pinerang Ora Bakal Pedhot Tegese Paribasan

Banyu Pinerang Ora Bakal Pedhot
Share

Banyu pinerang ora bakal pedhot tegese yaiku pasulayane sedulur ora bakal medhotake pasedulurane artinya air dibelah tidak akan pernah putus maksudnya yaitu permusuhannya saudara tidak akan memutuskan persaudaraannya kalebu jenise paribasan Basa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng dalu selamat malam, kali ini kita akan membahas peribahasa Bahasa Jawa tentang kuatnya ikatan persaudaraan yang tidak akan putus karena permusuhan antara saudara ini.

Kenapa begitu?

Karena ikatan darah menjadikannya sebagai pengikat yang kuat yang tidak akan putus meskipun terjadi salah paham, permusuhan, ataupun situasi yang menyebabkan bermusuhan antar saudara.

Jadi dalam bahasa Jawa, unen unen ukara tembung paribasane paselayane sedulur ora bakal medhotake pasedulurane yaiku Banyu Pinerang ora bakal pedhot.

Kenapa seperti itu?

Mari kita bahas satu persatu arti kata dalam bahasa Jawa ini.

Arti Banyu Pinerang Ora Bakal Pedhot Artinya perkata

Tegese lugu paribasan ini adalah sebagai berikut;

Banyu tegese yaiku cairan kang bening, ora ana ambune lan rasane, diperlokake ing panguripan. Dalam KBBI air adalah cairan yang jernih, tidak berbau dan tidak ada rasanya, dan diperlukan dalam kehidupan.

Pinerang tegese yaiku disigar, dibelah, menjadi pisah karena retak atau putus, terpisah.

Ora bakal tegese ora mungkin, mustahil, dalam bahasa Indonesia artinya yaitu tidak akan, bahasa inggrisnya yaitu never.

Pedhot tegese yaiku ora hubungan maneh amarga tugel. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah putus, yaitu tidak berhubungan lagi karena terputus dan sebagainya.

Pasulayan saka tembung sulaya, pasulayan tegese yaiku cecongkrahan, congkrah, ora rukun. Artinya adalah permusuhan, keadaan tidak akur atau tidak rukun.

Jadi, karakter air yang menempati ruangan dan juga mengalir seperti itu menjadi suatu peribahasa kuatnya ikatan persaudaraan.

Meskipun banyu iku pinerang, air tersebut dibelah maka akan tetapi kembali lagi menyatu.

Maksudnya pinerang atau dibelah sebagai perumpamaan gambaran terjadi pasulayan, cecongkrahan sedulur siji lan liyane. Adanya permusuhan tidak rukun antar saudara.

Namun karena kuatnya ikatan darah yang mengalir, meski ada cecongkrahan pasulayan tetaplah tidak bisa memutuskan ikatan tali persaudaraan.

Demikian informasi mengenai unen unen ukara tembung paribasan basa Jawa ing dhuwur. Yaiku Banyu pinerang ora bakal pedhot tegese yaiku pasulayane sedulur ora bakal medhotake pasedulurane artinya permusuhan tidak akan memutuskan ikatan tali persaudaraan.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.