Buta Buri Batangane Bedhekane Tegese Kalebu Jenise Cangkriman

buta buri tegese cangkriman
Share

Buta Buri tegese yaiku tebu ditata mlebu lori sing Batangane Bedhekane ya kuwi mau kaya nembe kasebut, Kalebu Jenise Cangkriman wancahan utawa cekakan. Artinya cangkriman dalam bahasa Jawa ini adalah tanaman tebu ditata masuk kedalam kereta kecil pengangkut tebu.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.Kkali ini kita akan membahas salah satu contoh tuladha unen unen cangkriman wancahan sik ukarane buta buri, tegese yaiku tebu ditata mlebu lori.

Kalimat atau ukara unen unen iki kalebu cangkriman wancahan. Wancah tegese cekak utawa singkat.

Dadi wancahan yaiku singkatan.

Nah sekarang anda sudah paham khan jawabannya serta artinya tebak tebakan teka teki Bahasa Jawa ini. Lengkap dengan artinya dalam bahasa Indonesia secara umum dan global.

Sekarang mari kita mencoba menemukan ada kata apa dibalik singkatan dalam teka teki ini.

Bu singkatan dari Tebu yaiku tanduran kang dadi bahan dasar gawe gula. Yaitu suatu tanaman yang menjadi bahan dasar untuk membuat gula.

Ta ditata, diatur supaya rapi dan mudah untuk dibawa serta kemudahan nanti dalam proses saat berada di pabrik

Bu yang kedua memiliki arti berbeda dengan bu yang pertama, jika bu pada singkatan pertama. Maksudnya adalah tebu, maka bu kedua ini kepanjangannya yaitu mlebu, yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah masuk.

Maksudnya yaitu masuk kedalam alat untuk mengangkutnya.

Ri singkatan dari lori, sawijining alat angkut tebu arupa kreta cilik sing biasane ana nang pabrik tebu. Yaitu salah satu alat untuk mengangkut tebu yang bentuknya berupa kereta kecil.

Jadi sudah jelas ya artinya perkata dan kepanjangan dari singkatan masing-masing ukara utawa unen-unen cangkriman buta buri (mburi).

Buta Buri Klebu Jenise Cangkriman Wancahan

Sebagaimana sudah kami sebutkan bahwasanya cangkriman buta buri kalebu jenise cangkriman wujude yaiku wancahan.

Yaitu tebak tebakan kata atau teka teki dalam Bahasa Jawa yang berupa singkatan dari suku kata unen unen yang menjadi pertanyaan.

Dengan demikian, anda perlu mengetahui apa kepanjangan dari cangkriman ini sehingga bisa menebak yang dalam bahasa Jawa mbatang batangane (menjawab tebakannya) utawa bedhekane.

Akhirnya semoga sukses mengerjakan soal ujian bahasa Jawa, selamat malam, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.