Ana Tangane, Ana Gulune Nanging Ora Ana Sirahe

Ana Tangane, Ana Gulune Nanging Ora Ana Sirahe

Apa wangsulane cangkriman sing unine Ana tangane, ana gulune nanging ora ana sirahe? Bedhekane pilihan jawaban ; a. klambi b. nanas c. anda d. kathok dawa. Jawabane sing bener yaiku a. Klambi.

pontren.com – assalaamu’alaikum, dalam tebak tebakan bahasa Jawa ini artinya adalah “ada ada tangannya, ada lehernya namun tidak ada kepalanya, jawabannya adalah baju.

Jadi tebak-tebakan teka teki berbahasa Jawa ini masuk dalam kategori jenis pepindhan. Dalam Bahasa Jawa kalebu utawa kagolong jenise cangkriman wantahan utawa wantah.

Tegese wantah yaiku apa anane, artinya adalah apa adanya.

Jadi penjelasannya adalah ada sesuatu yang mempunyai lengan, adapula lehernya, namun tidak ada kepalanya. Jawabannya adalah baju, bisa juga jaket, tapi jangan celana, karena akan salah nantinya.

Pada bagian baju itu lazimnya memiliki lengan, dan ada kerahnya sebagai perwujudan dari leher. Namun yang namanya baju tentu tidak ada kepalanya.

Kecuali baju hangat model hoodie yang memiliki kerukup untuk menutupi kepala.

Atau juga baju untuk cewek model you can see yang tidak memiliki lengan sehingga nampak bagian ketiak pemakainya. Adakalanya orang yang melihatnya mendapatkan bonus pemandangan alam.

Batangane Cangkriman Ana Tangane, Ana Gulune Nanging Ora Ana Sirahe, Kalebu Jenise Wantahan

Sudah ada penjelasan tadi jawabannya adalah pakaian bagian atas yaitu baju. Masuk dalam kategori cangkriman wantah atau wantahan.

Jadi Jawaban dari cangkriman ini adalah apa adanya mengacu kepada pertanyaan dalam tebak-tebakan bahasa Jawa ini.

Contoh lain dari cangkriman wantah utawa wantahan contone tuladhane yaiku;

Dikethok nanging malah sansaya dhuwur Wangsulane: clana (selana) dipotong malah semakin tinggi, jawabannya adalah celana. Apabila dipotong maka akan semakin tinggi karena berkurang bagian bawahnya.

Yen sithik senenge ora njamak, lek akeh malah gawe susah. Wangsulane: nek sithik banyu menawa akeh dadi banjir. Apabila sedikit senangnya bukan main, apabila banyak malah membuat kesusahan, jawabannya adalah air.

Awake ijo, endhase abang rupane, lan mlakune mundur. Ayo apa Wangsulane: obat nyamuk sing diobong (Obat nyamuk yang dibakar)

Anane neng ngisor nanging sing digoleki malah neng dhuwur Wangsulane: gendheng bocor (genteng yang bocor). Adanya dibawah namun yang dicari malah bagian atas, jawabannya adalah genteng bocor.

Jadi apabila ada genteng retak membuat bocor, kala hujan air akan menetes kebawah, meskipun tetesan airnya berada di bawah namun orang akan mencari sumber kebocoran yang letaknya pada bagian atas.

Yen isih cilik bisa diajak kekancan, dene wis gedhe dadi mungsuh Wangsulane: Geni (api) apabila masih kecil bisa diajak berkawan, apabila menjadi besar menjadi musuh, jawabannya adalah api.

Demikianlah informasi batangane cangkriman sing unine Ana Tangane, Ana Gulune Nanging Ora Ana Sirahe kalebu jenise wantahan utawa wantah tuladha cangkrimane. Maturnuwun sudah mampir, wassalaamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*