Sing Endhèk Didhudhuki, Sing Dhuwur Diurugi Batangane Bedhekane

Sing Endhèk Didhudhuki, Sing Dhuwur Diurugi
Share

Ukara tembung unen-unen cangkriman sing ukarane Sing endhèk didhudhuki, sing dhuwur diurugi Batangane Bedhekane yaiku Timbangan, traju, dhacinan. Kalebu apa? Klebu jinise cangkriman pepindhan utawa irib-iriban.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, Yang rendah dikurangi, yang tinggi ditambah. Jawaban tebak tebakan teka teki bahasa Jawa di atas adalah timbangan atau alat untuk menimbang.

Jadi misalnya ada soal ujian yang berbunyi gawea ukara cangkriman sing batangane timbangan yaiku kaya irah-irahan nang nduwur tulisan wacanan iki.

Buatlah atau tulislah tebak-tabakan dalam bahasa Jawa yang jawabannya timbangan maka jawabannya adalah sebagaimana dalam judul artikel postingan ini.

Setelah mengetahui jawabannya, mari kita mengartikan kalimat demi kalimat dan kata demi kata yang ada pada teka teki ini.

Sing endhek tegese yaiku bagian sing ana ngisor, artinya yang pendek atau rendah, yaitu posisinya berada pada bagian lebih bawah atau rendah.

Didhudhuki tegese yaiku di kelongi, dikurangi, di dhudhuki dalam bahasa Indonesia maksudnya yaitu di ambili, sebagaimana orang membuat lobang atau cemplongan, dikurangi tanahnya.

Sing dhuwur tegese yaiku sing luwih duwur, posisine luwih ndhuwur artinya adalah yang tinggi atau memiliki posisi lebih tinggi.

Diurugi tegese yaiku ditambahi, artinya di urug, ditambahkan tanah atau barangnya supaya lebih banyak.

Penjelasannya mengenai jawaban cangkriman timbangan ini adalah apabila orang menimbang, posisi barang yang di timbang dengan anak timbangannya pada posisi kiri kanan.

Apabila jomplang atau tidak sama takaran timbangannya maka yang lebih rendah dalam posisi ditimbang akan diambil supaya nanti beratnya sama. Inilah kalimat atau ukarane yaiku sing endhek di dhudhuki.

Bisa juga cara untuk menyeimbangkan takarannya dengan menambahkan barang atau anak timbangan pada posisi yang lebih tinggi, yang nantinya apabila beratnya sama maka posisi ukuran timbangan akan sepadan.

Itulah kalimat gambaran untuk sik dhuwur diurug.

Sing Endhèk Didhudhuki, Sing Dhuwur Diurugi klebu jenise cangkriman Pepindhan utawa Irib-iriban

Cangkriman pepindhan atau irib iriban adalah teka teki yang mengandung arti mirip-mirip atau sama, semisal dengan barang yang ditanyakan.

Dalam bahasa Jawanya yaitu cangkriman kang ngemu irib-irib, kaya, pindhan karo barang sing di maksud.

Teka teki ini masuk dalam contoh cangkriman irib-iriban atau pepindhan karena penggambaran timbangan dalam menyejajarkan beratnya.

Caranya dengan mengurangi yang rendah, atau menambahkan (urug) pada sisi yang lebih tinggi (lebih ringan).

Apabila posisi beratnya sudah sama biasanya kemudian dicatat dan di bungkus selanjutnya deal harga atau dimasukkan kedalam untuk diangkut atau dibawa kemana gitu.

Demikian pembahasan mengenai batangane cangkriman sing ukarane Sing Endhèk Didhudhuki, Sing Dhuwur Diurugi bedhekane yaiku timbangan, klebu jinise cangkriman irib-iriban.

Akhirnya wilujeng sonten, selamat sore, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *