Biru Bisa Dadi Wungu dikapakake Batangane Cangkriman

biru bisa dadi wungu dikapakake
Share

Biru bisa dadi wungu dikapakake Batangane Cangkriman basa Jawa yaiku digebuk, kenapa bisa begitu jawabannya? Mana ada warna biru bisa berubah menjadi ungu dengan cara dipukul? Begini penjelasan bedhekane cangkrimane.

pontren.com – assalamu’alaikum, wilujeng sonten, jadi ukara tembung unen-unen sing ukarane Biru bisa dadi wungu dikapakake kalebu jinise cangkriman blenderan, termasuk dalam jenis tebak tebakan kata plesetan atau plesedan.

Sehingga, apabila anda mengartikan biru bisa jadi wungu dengan warna maka anda sudah terpeleset atau terjebak dalam teka teki berbahasa Jawa blenderan ini.

Karena dalam tebak tebakan teka teki bahasa Jawa pada judul (irah-irahan) diatas mengandung pula wancahan atau singkatan.

Dimana singkatannya?

Wancahane ana ing tembung biru, singkatan kata ada pada kata biru, yaitu wancahan saka tembung babi turu.

Batangane Cangkriman Biru dadi Wungu dikapakake

Jadi biru merupakan singkatan dari kata babi turu.

Adapun blenderannya atau plesetannya yang mungkin membuat anda terpeleset atau terjebak sehingga salah menjawab yaitu pada kata wungu.

Kalau anda memberi arti kata wungu tegese yaiku werna ungu, mengartikan dengan warna ungu maka selamat anda sukses masuk dalam jebakan.

Karena dalam bahasa Jawa, selain memiliki arti warna ungu, wungu juga memiliki arti bangun tidur.

Jadi untuk menjawab cangkriman ini dengan benar anda seharusnya memaknainya dengan biru yaiku babi turu supayane bisa wungu (tangi) dikapakne?

Yang terjemahan bebas kedalam bahasa Indonesia adalah babi yang tidur supaya bangun diapakan? Maka jawabannya atau bedhekane/batangane cangkriman yaiku digebug.

Jawabannya adalah dengan cara dipukul untuk membangunkannya.

Tebakan kata bahasa Jawa ini masuk dalam kategori contoh cangkriman blenderan utawa plesedan/plesetan.

Apa sih maksudnya cangkriman blenderan?

Tegese cangkriman blenderan yaiku cangkriman kang wujud plesetan pitakon kanggo ngecoh sik ditakoni.

Artinya pengertian cangkriman blenderan adalah teka teki tebak tebakan kata berupa plesetan pertanyaan untuk menjebak lawan bermainnya.

Jadi jika anda bertanya “tolong berikan contoh-contoh cangkriman plesetan” maka anda bisa memasukkan cangkriman Biru bisa dadi wungu dikapakake? Bedhekane yaiku digebuk yang dalam bahasa Indonesianya adalah dipukul.

Demikianlah tambahan kosakata koleksi cangkriman blenderan tebak tebakan kata Bahasa Jawa mengenai plesedan warna kali ini tentang warna biru dan ungu. Wilujeng sonten, wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *