Putri Melik Melik Sendhen Kayu Legi

Putri Melik Melik Sendhen Kayu Legi

Cangkriman sing unine putri melik melik sendhen kayu legi batangane utawa bedhekane yaiku jagung, kalebu jenise cangkriman pepindhan Basa Jawa.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, secara bahasa umum, putri tegese yaiku wong wedok sing ayu utawa keturunan ningrat. Artinya adalah perempuan yang cantik ataupun wanita keturunan kerajaan.

Melik-melik tegese yaiku sorot utawa sinar cilik kang kelap kelip. Jadi maksudnya adalah seorang puteri yang kecil kelap kelip bersandar pada batang kayu yang rasanya manis.

Jadi jawaban dari cangkriman ini adalah jagung. Adapun pohon jagung dalam bahasa Jawa adalah tebon. Arane wit jagung yaiku tebon. Apakah rasanya manis? Mungkin saja. Karena menjadi tebak tebakan pepindhan ini.

Dalam tebakan lainnya, cangkriman sing batangane jagung unine yaiku duwe rambut ora nduwe endhas utawa sirah. Artinya memiliki rambut namun tidak memiliki kepala.

Kalebu utawa kagolong jenise cangkriman pepindhan. Apa iku pangertene cangkriman pepindhan? Pengertian cangkriman pepindhan dalam bahasa Jawa adalah (yaiku) Cangkriman Pepindhan yaiku Cangkriman kang ngemu teges Pepindhan utawa irib iriban.

Artinya adalah tebak-tebakan kata bahasa Jawa yang mengandung arti atau makna semisal, seperti, mirip-mirip.

Bedhekane unen unen ukara Putri Melik Melik Sendhen Kayu Legi, Tuladha Cangkriman Pepindhan lan batangange (contoh dan Jawabannya)

contoh cangkriman irib iriban

Ada beberapa contoh cangkriman pepindhan lengkap dengan jawabannya sebagaimana berikut ini dan penjelasan Bahasa Jawa.

Gajah nguntal sangkrah batangane pawon. Gajah merupakan hewan yang besar. Nguntal artinya yaitu memakan secara bulat-bulat. Sedangkan sangkrah artinya adalah larahan godhong pang utawa uwit ataupun sampah.

Jadi dalam hal ini pawon atau dapur dari kayu adalah membakar sampah serta kayu ranting dedaunan. Perilaku ini mirip dengan gajah yang melahap larahan (sampah).

Dipijet wudele, mripate mendelik batangane yaiku senter.

Secara harfiah artinya adalah dipencet pusarnya matanya melotot. Maksudnya pusar adalah bagian tombol pada lampu senter. Apabila anda memencetnya maka akan murup (hidup menyala) lampunya.

Nyala lampu inilah yang menjadi maksud mendelik mripate (melotot matanya).

Pitik putih ngendhog ing segara getih batangane yaiku manggis.

Artinya adalah ayam putih bertelur pada lautan darah. Jadi maksudnya telur ayam pada teka teki ini adalah buah manggis yang berwarna putih.

Adapun lautan darah yaitu kulit manggis yang warnanya merah menyala seperti darah.

Karena berada dalam kulit berwarna merah seperti darah maka muncullah teka teki cangkriman yang berbunyi Pitik putih ngendhog ing segara getih.

Anake gelungan, ibune ngrembyang wangsulane utawa bedhekane yaiku pakis.

Artinya anaknya rambutnya bergelung, ibunya rambutnya terurai. Penjelasannya pada saat masih muda daun pakis bentuknya mlungker melingkar seperti gelung.

Sedangkan saat sudah tumbuh dewasa menjadi mekar sebagai gambaran rambut yang ngrembyang (beraurai).

Kebo bule cancang merang batangane yaiku buntil. Penjelasannya adalah seperti ini, kerbau berkulit putih ditali dengan daun padi yang kering. Jawabannya adalah buntil. Buntil merupakan jenis makanan.

Jadi ada makanan yang diikat dengan tali kemudian menjadi cangkriman pepindhan ini.

Tuladha Cangkriman Irib-iriban

Cangkriman pepindhan uga kasebut cangkriman irib-iriban.

gawea utawa wenehana tuladha cangkriman irib iriban loro telu papat wae! berikut contohnya.

Sawah rong kedhok galengane mung sithok batangane yaiku godhong gedhang. Penjelasannya dua sawah pematangnya hanya satu.

Jadi daun pisang (daunnya) merupakan gambaran dari sawah rong kedhok (dua petak sawah). Sedangkan galengane mung sitok merupakan pelepah pisangnya penggambaran dari pematang sawah itu.

Kayu mati digubet ula mati batangane yaiku gangsing utawa gangsingan. Secara harfiah artinya adalah kayu mati dililit ular yang mati. Jadi kayu ini adalah gangsing itu sendiri yang biasanya dibuat dari kayu.

Adapun ula mati maksudnya yaitu tali yang berfungsi untuk memutar gangsing.

Emboke tapihan, anake wuda batangane yaiku wit pring. Pada saat kecil atau muda, anake pring (yaiku bung) masih ada lapisan penutupnya.

Namun pada saat bambu menjadi dewasa, penutupnya menjadi lepas sehingga menjadi wuda (tidak berpakaian).

Pak demang klambi abang disuduk manthuk-manthuk batangane yaiku ontong gedhang. Bapak demang memakai baju merah, ditusuk mengangguk-angguk.

Jadi jantung pisang berwarna merah, apabila anda senggol dengan tongkat atau tangan anda akan bergoyang-goyang seperti gerakan mengangguk-angguk.

Demikianlah informasi batangane cangkriman Putri Melik Melik Sendhen Kayu Legi yaiku jagung, kalebu jenise utawa kagolong jenis cangkriman pepindhan Basa Jawa. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top