Memayu Hayuning Bawana Tegese Basa Jawa Tulisan Aksara

memayu hayuning bawana
Share

Memayu Hayuning Bawana Tegese Basa Jawa artinya kedalam Bahasa Indonesia lengkap dengan Tulisan Aksara Jowo. Dalam bahasa Indonesia artinya yaitu menjadi memperindah keindahan dunia (sumber : wikipedia).

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh, wilujeng dalu para pamirsa internet ingkang midhangetaken wonten wewengkon papan panggenan pundi kemawon, selamat malam para pemirsa internet dimanapun berada.

Artinya memayu hayuning bawana dalam Bahasa Indonesia atau tegese yaiku;

Tembung “Memayu” asale saka tembung “hayu” (elok, sae utawa rahayu) entuk awalan “ma” dadi tembung “mamayu” (ngelok, nyae utawa ningkatake kawilujengan) sing di ukarakne bola bali dadi tembung “memayu”.

Kata memayu berasal dari kata hayu (elokm bagus atau selamat), mendapat awalan “ma” menjadi kata mamayu (memperindah, meningkatkan keselamatan/kesejahteraan dll), yang kemudian menjadi ungkapan sering-sering menjadi “memayu”.

Tembung “Hayuning” asale saka tembung “hayu” entuk tembung lintu kekagunganan “ning” (nya) sing apike, , utawa rejane (kasugengane) sing nduwe arti yaiku mbudidaya keslametan, kebahagiaan uga kesejahteraan.

Kata hayuning berasal dari kata “hayu”, mendapat akhiran “ning” yang artinya “nya” yang bagus atau makmur, yang memiliki arti berusaha mendapatkan keselamatan, bahagia juga kesejahteraan.

Tembung “Bawana” jarwi donya ana pangertene donya batin, jiwa utawi rohani. Taksihaken kanggo pangertene lahiriah ragawi, utawa jasmaniahipun di enggo tembung buwono kang jarwi donya wonten jarwi fisik.

Kata bawana tempat dunia, ada pengertian dunia batin atau jiwa. Juga untuk pengertian secara lahiriyah atau jasmani. Pemakaian kata buwono yang untuk tempat dunia rohani dan jasmani.

Dalam arti singkatnya kata ini artinya dalam bahasa Jawa adalah tansah ngupayakake kesejahteraan, rahayu keslametan kanggo awake dhewe, keluargane, lan wong indhenge dewe.

Dalam tafsiran Suryo S. Negoro menyebutkan bahwa maksud kalimat ukara tembung ini adalah nindakake kang bener kanggo keslametan lan rahayu ndunya sak isine.

Maksudnya dalam bahasa Indonesia yaitu melakukan hal yang benar dalam rangka keselamatan serta kesejahteraan dunia serta isinya.

Tulisan Aksara Jawa Memayu hayuning bawana

Terakhir sebagai penutup tulisan ini yaitu cara menulisnya dalam aksara jawa atau tulisan huruf boso Jowo.

Langsung saja tanpa basa basi ini dia teks nya yang bisa anda copy paste alias kopas.

Tulisan aksara jawa kalimat ukara tembung Memayu hayuning bawana adalah sebagaimana berikut ini;

ꦩꦼꦩꦪꦸꦲꦪꦸꦤꦶꦁꦧꦮꦤ

Demikianlah informasi malam ini yang bisa saya haturkan, semoga memudahkan dalam mengerjakan soal ujian maupun ulangan dan LKS.

Terima kasih atas kunjungannya, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.