Landhep Dhengkul Tegese Artinya Tuladha Ukara, Contoh Kalimat Sanepa

tegese landhep dhengkul artinya
Share

Landhep dhengkul tegese yaiku landepe kaya dengkule sikil maksude kethul, bodo banget, artinya tajam lutut kaki memiliki maksud tumpul, kalebu jenise tembung sanepa ing basa Jawa, tuladha ukara contoh kalimatnya pikirane landhep dengkul ateges kendho pikirane artinya otaknya tidak encer alias tidak pintar.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakatuhu, wilujeng siyang, selamat beristirahat bagi yang sedang rehat. Kali ini kita akan membahas mengenai sanepa Bahasa Jawa berkenaan dengan sesuatu yang tajam.

Dalam Bahasa Jawa, kendho pikirane tegese yaiku ora pinter, bodho, tembung sanepane basa Jawa yaiku pikirane landhep dengkul artinya otaknya atau daya berpikirnya tidak tajam alias tumpul. Maksudnya bukan kategori orang cerdas, bahkan sampai taraf bodoh.

Dadine sanepa ing ndhuwur utawa ana nang ngisor iki biasane kanggo mbangetake kemampuan mikir bocah utawa manungsa.

Penggunaan ungkapan sanepa ini lazimnya untuk memberitahukan daya kemampuan berpikir seseorang yang jauh dari cerdas.

Sehingga dalam pemisalan bahasa Jawa menggunakan kata kebalikan (tembung sanepa) yang artinya yaitu tajamnya lutut kaki. Yang maksudnya yaitu begitu tumpul.

Tegese Landhep Dhengkul artinya beserta contoh kalimat tuladha ukara Sanepa Basa Jawa

Untuk menambah pengetahuan arti bahasa Jawa, berikut adalah makna yang terkandung dalam ungkapan sanepa yang sedang kita bahas.

Landhep tegese yaiku ora kêthul; gathèkan, gampang mangêrtine; nyêrikake (pêngpêngan) tumrap gunêm;. Artinya yaitu tajam, maksudnya memiliki banyak cara, mudah mengerti atau memahami, membikin hati sakit apabila berkenaan dengan perkataan.

Dengkul atau dhengkul tegese yaiku ki ros-rosaning sikil antarane pupu karo kempol (kang kaprênah ngarêp) artinya adalah bagian sendi yang letaknya antara paha dengan betis (yang letaknya berada didepan).

Gawea ukara nganggo tembung sanepa landhep dhengkul! Buatlah kalimat basa Jawa berupa sanepa dengan menggunakan ungkapan yang artinya tajam lutut kaki.

Berikut adalah tuladha ukara contoh kalimatnya sanepa berupa landep dengkul.

Agustinus nakal banget, ora gelem sinau, pikirane landhep dhengkul artinya yaitu Agustinus sangat nakal, tidak mau belajar, otaknya seperti tajamnya lutut kaki/sangat tumpul (bodoh).

Contoh yang lainnya yaitu sebagaimana berikut ini.

Amarga ora gelem sekolah, pikirane landep dengkul, artinya karena tidak mau sekolah, otaknya setajam lutut kaki (sangat bego).

Demikianlah informasi tegese landhep dhengkul beserta contoh jawaban untuk pertanyaan gawea ukara sanepa basa Jawa lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia. Terima kasih dan wassalamu’alaikum.


Share

Satu pemikiran pada “Landhep Dhengkul Tegese Artinya Tuladha Ukara, Contoh Kalimat Sanepa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.