Cangkriman Pindhang kileng tegese Batangane yaiku

Share

Cangkriman pindhang kileng batangane bedhekane tegese lan wangsulane yaiku sapi nang kandhang, kaki mentheleng artinya adalah (hewan peliharaan) sapi berada di kandang, kakek kakek matanya melotot.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, kali ini kita akan mengulas atau membahas mengenai cangkriman cekakan atau singkatan.

Semisal ada pertanyaan dalam soal bahasa Jawa, baik ujian maupun ulangan yang dikumpulkan besok yang bunyinya ukara unen unen pindhang kileng kalebu cangkriman apa? Titik-titik, maka jawabannya kalebu cangkriman wancahan utawa cekakan.

Sedangkan arti dari sapi nang kandhang yaitu sapi yang berada pada rumahnya (kandang sapi).

Adapun terjemah kaki mentheleng yaitu kakek kakek yang matanya melotot.

Kaki disini bukanlah alat untuk berjalan manusia, namun kaki dalam permainan kata ini maksudnya yaitu seorang aki-aki (orang yang sudah berusia tua).

Apa sih cangkriman wancahan itu?

Wancahan berasal dari kata wancah, yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah singkat atau singkatan.

Dalam bahasa jawa lainnya atau dasanama padanan kata wancahan yaitu cekakan (wancah = cekak).

Cangkriman Pindhang Kileng

Dalam pengertian bahasa Jawa, pangertene cangkriman wancahan yaiku cangkriman sing awujud wewancahing tembung-tembung, tegese wancah yaiku cekak, wancahan nduwe teges yaiku cekakan.

Dalam basa Jawa krama alus, pangertene cangkriman wancahan punika cangkriman ingkang awujud wewancahaning tembung-tembung. Wancah tegesipun cekak, wancahan ateges cekakan.

Jika anda terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, pengertiannya cangkriman wancahan adalah tebak-tebakan kata bahasa jawa yang berupa singkatan dari kata-kata. Artinya wancah yaitu singkat, wancahan memiliki arti yaitu singkatan.

cangkriman yang tersusun dari kata-kata yang di wancah atau disingkat.

Makanya permainan kata atau tebak tebakan bahasa Jawa pindhang kileng ini masuk dalam kategori atau jenisnya (jinise) cangkriman wancahan.

Karena wangsulane atau jawabannya merupakan kepanjangan dari tembung-tembung (kata-kata) dalam cangkriman yang dilontarkan oleh penanya.

Jadi begini singkatan dalam cangkriman ini;

Pi singkatan dari sapi;
Ndhang singkatan dari kandhang;
Ki singkatan dari kaki; dan
Leng singkatan kata dari mentheleng (melotot).

Yang kemudian di susun dan di rangkai menjadi sebuah cangkriman wancahan.

Demikianlah informasi pada siang ini sebagai tambahan kosakata tebakan contoh cangkriman wancahan beserta batangane wangsulane bedhekane dalam Bahasa Jawa.

Wilujeng siang, selamat mengerjakan, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *