Bapak Pucung Bisa Nggereng Bisa Mbengung

Bapak Pucung Bisa Nggereng Bisa Mbengung
Bapak pucung bisa nggereng bisa mbengung Ngambah jumantara Kaya manuk rajawali Wira- wiri nggawa barang lan manungsa Apa batangane tembang pucung ing dhuwur?

Bapak pucung bisa nggereng bisa mbengung
Ngambah jumantara
Kaya manuk rajawali
Wira- wiri nggawa barang lan manungsa
Apa batangane tembang pucung ing dhuwur? Wangsulane utawa bedhekane yaiku montor mabur utawa pesawat.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, kali ini kita akan membahas cangkriman sinawung tembang bapak pocung sing batangane pesawat utawa montor mabur.

Untuk memahami teka teki dan jawaban dari tebakan dalam lagu berbahasa jawa ini kita perlu paham arti kata dan maksud dalam setiap baris dan bait lagunya.

Tegese bisa nggereng bisa mbengung yaiku isa muni utawa ngetokake swara gereng-gereng lang mbengungung. Artinya adalah bisa mengeluarkan bunyi menggerung dan mengaung.

Ngambah jumantara tegese yaiku tumapak utawa ngliwati langit. Artinya adalah menepak, menginjak, melewati langit.

Tembung ngambah asale saka ambah, tegese yaiku tumapak ana ing, ngliwati, lan sakpiturute. Artinya adalah menginjak, mengambah, yang maksudnya yaitu berada atau melewati.

Jumantara tegese yaiku awang-awang utawa langit. Bahasa Indonesianya sama saja yaitu angkasa.

Kaya manuk rajawali tegese yaiku memper, saemper karo manuk kang gedhe, artinya adalah mirip dengan burung rajawali.

Wira wiri nggawa barang lan manungsa tegese yaiku mrana mrene, bolak balik nggawa manungsa lan gawan. Artinya adalah bolak balik membawa barang dan juga manusia.

Batangane cangkriman Bapak pucung bisa nggereng bisa mbengung

Dari sini kita bisa menyimpulkan jawaban yang benar untuk cangkriman sinawung tembang ini yaitu montor mabur utawa pesawat.

Alasannya dari berbagai petunjuk yang ada dalam bait syair ini.

Yang pertama adalah merujuk kepada suara menderung dan mengaung. Yaitu pada saat pesawat berbunyi mesinnya akan mengeluarkan bunyi yang sangat keras menderung seperti hewan yang menggereng. Juga mengeluarkan suara dengungan yang sangat keras.

Petunjuk kedua adalah bisa berada di angkasa, tentu namanya pesawat apabila dia terbang akan berada di angkasa.

Selanjutnya adalah kaya rajawali merujuk kepada perilaku terbang pesawat yang memiliki sayap seperti burung yang mengepakkan sayapnya.

Serta petunjuk terakhir sebagai kunci jawaban yaitu kesana kemari membawa manusia dan barang-barang. Tentunya berada dalam perut pesawat dan kargonya. Hal inilah yang membedakan benda ini dengan hewan.

Demikianlah cangkriman basa Jawa sing batangane montor mabur utawa pesawat ini, maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*