Duwe Rambut Ora Duwe Endhas Batangane Cangkriman

Share

Duwe rambut ora duwe endhas Batangane yaiku jagung, kepriye cangkriman yen menawa batangane jagung? Ya kuwi mau ukara unen unene lan bedhekane.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuhu, wilujeng enjang sedaya among sinau, arti kalimat di atas adalah memiliki rambut namun tidak punya kepala, jawabannya atau bedhekane adalah jagung.

Penjelasannya adalah sebagai berikut;

Sebagaimana sampean lihat, bentuk tanaman jagung adalah seperti itu, membulat pada bagian pangkalnya, kemudian mengerucut keatas semakin mengecil dan menguncup.

Kemudian pada bagian akhirny ada rambutnya, biasanya berwarna coklat atau agak putih, seperti rambutnya orang luar negeri yang berwarna pirang atau blonde.

Karena bentuknya seperti itu maka muncullah teka teki tebak tebakan basa Jawa yang menanyakan apakah sesuatu itu yang memiliki rambut namun tidak ada kepalanya.

Duwe artinya punya
Rambut artinya ya rambut
Ora nduwe artinya tidak memiliki, tidak punya
Endhas tegese atau artinya adalah kepala.

Duwe rambut ora duwe endhas kalebu jinise cangkriman pepindhan

Duwe rambut ora duwe endhas kalebu jinise cangkriman pepindhan utawa irib iriban.

Teka teki ini masuk dalam kategori iriban, yaitu pertanyaan yang jawabannya atau wangsulane mirip-mirip, memper, menyerupai.

Pengertian atau pangertene cangkriman yaiku unen-unen kang tetep panggonane lan kudu dibatang utawa mbutuhake wangsulan lan ugo diarani bedhekan utawa batangan.

Artinya dalam bahasa Indonesia cangkriman yaitu kata-kata yang penempatannya tetap dan harus diartikan atau membutuhkan jawaban dan juga disebut dengan bedhekan atau batangan (teka teki/tebak tebakan).

Dalam pengertian lainnya menyebutkn bahwa cangkriman utawa batangan utawa bedhekan yaiku tegese tetembungan sing kudu dibatang kekarepane, amarga tetembungan mau nduweni teges ora sabenere.

Artinya cangkriman/bedhekan atau batangan adalah kata-kata dalam bahasa jawa yang harus diartikan maksudnya, karena kata-kata dalam bahasa jawa tersebut memiliki arti lain/ bukan yang sebenarnya.

Tanaman jagung merupakan sumber karbohidrat selain padi dan gandum.

Cara berkembangbiak jagung yaitu dengan cara generatif.

Perkembangbiakan generatif jagung maksudnya adalah proses perkembangbiakan yang dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.

Demikian informasi mengenai batangane cangkriman Duwe rambut ora duwe endhas bedhekane yaiku jagung kang kalebu jinise cangkriman irib-iriban utawa pepindhan.

Akhirnya wilujeng enjang, selamat pagi salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuhu.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *