Tegese Pangestu Tuladha Ukara Basa Jawa

Share

Tegese Pangestu Tuladha Ukara Basa Jawa tuladhane ukarane tembung pangestune pangestunipun beserta artinya dalam Bahasa Indonesia. Raden Gatutkaca Banjur njaluk pangestu marang ibune. Tembung pangestu tegese berkat dunga restu, ndongakne, bahasa Indonesia nya doa restu mendoakan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sebagaimana dalam soal atau pitakon pelajaran bahasa Jawa, seandainya ada pertanyaan yang berbunyi,”

Gawea ukara nganggo tembung pangestu, maka anda bisa menjawab sebagaimana dalam contoh kalimat diatas yaitu “Raden Gatutkaca banjur njaluk pangestu marang ibune yang artinya Raden Gatutkaca selanjutnya memohon doa restu kepada ibunya.

Sekarang sudah tahu kan apa artinya pangestu dalam Basa Jawa ke Bahasa Indonesia, bisa membuat anda mengerti dan memahami arti dan maknanya.

Selanjutnya jika ada soal pertanyaan dalam buku LKS maupun soal ujian mid semester maupun semesteran sampean bisa menjawab dengan benar dan tepat.

Kalimat lain misalnya alhamdulillah pangestu artinya adalah puji syukur kepada Allah, atas doanya. Kira-kira seperti itu maknanya.

Jadi, kalimat diatas biasanya untuk menjawab pertanyaan,”Piye kabare?” atau Kabarmu piye? Kemudian jawabannya yaitu alhamdulillah pangestu.

Variasi kata pangestu tegese dalam Bahasa Jawa (Pangestune Pangestunipun tuladhane ukarane)

Pangestu ini merupakan kata yang memiliki beberapa variasi, misalnya pangestune tegese yaiku dongane, doane, berkahe.

Conto ukara tuladhane pangestune yaitu ,”alhamdulillah pangestune sampean saiki usaha dodolanku iso mlaku lancar artinya yaitu puji syukur kepada Allah dengan doanya usaha jualan saya bisa berjalan lancar.

Tembung liyane yaiku pangestunipun, tegese yaiku donganipun, barakahipun, doanipun.

Tuladha ukarane pangestunipun kayata” nyuwun pangestunipun anggen kawula bebrayan saget sakinah mawaddah wa rahmah. Tegese atau artinya dalam bajasa Indonesia yaitu, mohon doa restunya dalam saya menjalani pernikahan bisa sakinah mawaddah wa rahmah.

Biasanya permohonan doa ini kebanyakan kepada keluarga. Yang dalam basa Jawa yaitu nyuwun pangestu marang keluarga dalam bahasa jawa artinya Indonesia yaitu meminta doa restu kepada keluarga.

Demikian informasi mengenai bausastra atau bahasa yang sulit dalam Basa Jawa lengkap dengan contoh kalimat alias tuladha ukarane beserta sedikit penjelasan untuk memudahkan dalam memahami kata.

Wilujeng dalu, selamat malam, salam kenal dan akhirnya wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *