Pemasukan Iklan Pengunjung Blog asal Desktop Turun drastis saat WFH

Share

Pengunjung Blog asal Desktop. Visitor yang menggunakan Desktop Turun drastis saat WFH berdasarkan pengamatan pemasukan iklan pada blog ini membandingkan masa Work from Home PPKM periode Juli 2021 dengan bulan juni tahun yang sama berdasarkan prosentase visitor.

pontren.com – assalaamu’alaikum, biasalah kegiatan blogger newbie yaitu liatin jumlah pengunjung yang tersesat pada blog ini. Apalagi jika ada pemasukan yang lumayan, tentu merupakan kebahagiaan tersendiri buat nutup biaya hosting dan bayar domain.

Bisa jadi kalau tidak ada pemasukan iklan blog ini sudah bermetamorfosis menjadi blogspot atau wordpress, bahkan malah bisa bisa berhenti ngeblog karena beban pembiayaan hosting dan domain yang mencapai 2 juta setiap tahunnya.

Dengan Pak Jokowi memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ternyata bukan hanya berimbas kepada ekonomi masyarakat kecil. Bahkan blogger kecil seperti saya juga menerima imbasnya secara nyata.

pengunjung blog turun

Apa itu?

Yaitu penurunan jumlah pengunjung secara drastis pada blog ini yang berasal dari perangkat desktop.

Pengertian Komputer Desktop

Apa sih perangkat desktop itu?

Kalau saya pribadi menyebut dengan komputer biasa, ada yang menyebut komputer kebo, dan lain sebagainya.

Secara bahasa, desktop berasal dari dua kata yaitu desk artinya meja dan top berarti atas.

Jadi Pengertian komputer desktop (PC) adalah perangkat komputer yang berada diatas meja. Biasa juga disebut dengan PC atau personal Computer.

Peletakan alat komputer seperti ini diatas meja karena bentuknya yang besar dan beratnya yang lumayan serta menyambung dengan berbagai perangkat lain semisal printer, keyboard, mouse, kabel listrik dan lain sebagainya.

Macam perangkat untuk mengakses situs Blog

Mengacu kepada layar tampilan adsense, ada 4 macam perangkat untuk mengunjungi blog atau situs anda.

Adapun keempat perangkat ini adalah;

  • Perangkat seluler kelas atas (ponsel cerdas semisal android/iPhone)
  • Desktop;
  • Tablet; dan
  • Perangkat lainnya

Urusan perangkat lainnya saya agak kurang ngeh, mungkin saja hape jadul yang bisa dipakai untuk GPRS atau tv cerdas yang saat ini mulai muncul eksistensinya.

Pengunjung pemakai desktop turun 50% lebih

pengunjung blog asal desktop masa Pandemi WfH
pemasukan iklan asal pengunjung blog asal Desktop Masa WfH PPKM tidak lebih dari 2%

Hari ini (Kamis, 15 Juli 2021) saya membuka tampilan laporan pada netbook lenovo yang sudah beberapa tahun menemani saya ngeblog.

Kemudian saya mengarahkan kepada laporan berbentuk tabel lingkaran mengenai pendapatan hasil ngeblog mengacu kepada penggunaan alat atau gadget oleh pengunjung.

Ternyata dalam seminggu terakhir (masa PPKM dan work from Home) pengunjung pengguna desktop hanya sebesar 1, 79 persen!

Wow, pengguna android dan iphone begitu menguasai sebagai alat untuk berselancar.

Secara prosentase pada masa pandemi berdasarkan dasboard laporan iklan, perangkat ponsel canggih mencapai 98, 19% untuk mengakses blog ini.

Untuk itulah kepada rekan-rekan untuk fokus kepada membuat tampilan blog pada hape. Karena besarnya pengguna ponsel untuk mengakses internet.

Meskipun memang membuat tampilan situs pada komputer bisa cantik dan lebih berekspresi karena tampilan layar yang lebar, lupakanlah saja, realistislah pengunjung anda mayoritas adalah pengguna Hape.

Lantas bagaimana dengan pemakaian desktop sebelumnya?

Maksudnya sebelum masa pemberlakuan PPKM?

Saya melihat laporan data iklan berdasarkan bulan juni dengan prosentase pengunjung blog ini dengan menggunakan desktop komputer sebesar 7,64%.

pemasukan iklan dari komputer desktop
iklan dari pengunjung desktop mencapat 7% lebih pada bulan Juni 2021 (sebelum pemberlakuan PPKM oleh Pak Presiden Jokowi).

Jadi penurunan sangat besar dalam prosentase pengunjung desktop, yang awalnya 7,64 persen menjadi kurang dari 2 persen. Tepatnya yaitu 1,79%.

Meski begitu, pada masa normal bukan kebanyakan work from home, pemasukan iklan yang menggunakan desktop tidaklah melebihi angka 10%

Tentunya ini perlu menjadi pertimbangan blogger yang suka begitu mengutak atik tampilan yang cantik pada komputer, aih dikit kali mak prosentase kue iklan dari desktop. Silakan anda pikirkan ulang lagi.

Banyak Pengguna Memakai Komputer untuk browsing saat bekerja di Kantor

Dengan menurun drastis pemasukan iklan dari desktop ini saya menyimpulkan bahwasanya banyak orang yang mengakses blog ini pada saat berada dikantor dengan menggunakan komputer meja.

Hal ini bisa karena sekalian bekerja dan ada banyak artikel blog ini yang menyediakan file untuk unduhan.

Dengan model ini maka tidak mengherankan jika pengunjung pengguna desktop turun drastis pada saat WfH.

Sekedar tambahan informasi, karena banyak memuat informasi mengenai pelajaran PAI dan Bahasa Arab serta info administrasi sekolah, maka pada saat hari sabtu minggu alias weekend, blog ini mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Hal ini sudah rutin berlangsung sekian tahun yaitu jumlah pengunjung yang menurun pada hari sabtu minggu atau libur hari besar tanggal merah.

Nah itulah pengalaman saya ngeblog memantau visitor dan pemasukan iklan asal desktop yang mengalami penurunan sangat signifikan pada masa PPKM dan Work from Home.
Bagaimana dengan Blog anda? apakah kebalikannya situs ini? Wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *