Sebutan orang yang mengajar al-Qur’an di TPQ TPA

Share

sebutan orang mengajar TPQ. apa sebutan orang yang mengajar al-qur’an di tpq? orang yang mengajar al-qur’an di tpq biasa dipanggil dengan pak guru bu guru, ustadz ustadzah, mbak mas, adapun sebutan resmi Kemenag yaitu Tenaga Pendidik.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah, kali ini kita akan santai ngobrol tentang para pendidik yang mengajar al-Qur’an pada Taman Pendidikan Al-Qur’an alias TPQ atau masyarakat menyebutnya TPA.

orang yang mengajar al-qur’an di tpq biasa dipanggil dengan beberapa sebutan, ada pak, bu, ustadz, ustadzah, mas, mbak dan secara bahasa baku juknis kemenag adalah tenaga pendidik.

Mari kita bahas satu persatu

Bapak ibu guru / pak atau bu (sebutan orang mengajar TPQ)

menjadi guru tpq yang hebat

orang yang mengajar di tpa disebut dengan bapak ibu guru pengajar TPQ oleh para orang tua santri. Adapun para anak didik atau murid TPQ lazim memanggil dengan pak atau bu kemudian diikuti menyebut nama sang pendidik.

Contoh pada waktu mengajar pada LPQ Yogyakarta di UH IV Yogyakarta para santri biasa menyebut gurunya dengan Pak atau Bu.

Contohnya seperti Pak Karmin, Pak Rujiman, Pak Nurdayad, Bu Lasmi, Bu Aning Setyaningsih, Bu Asti Setyorini, bu Lina dan seterusnya.

Hal ini juga berlaku pada masjid sebelas maret Glagahsari yang biasa menyebut orang yang mengajar TPQ dengan pak atau bu.

Ustadz ustadzah (sebutan orang mengajar TPQ)

menyusun Kalender Pendidikan TPQ
ilustrasi ustadzah Pengajar TPQ (C) Faizal Riza

orang yang mengajar al-qur’an di tpq biasa dipanggil dengan ustadz untuk laki-laki dan ustadzah bagi pengajar perempuan.

Merupakan kata serapan dari Bahasa Arab yang memiliki arti sebagai guru atau pendidik.

Sama seperti pak guru bu guru lazimnya menyebut dengan nama yang mengajar, misalnya Ustadz Ali Anshori, Ustadzah Ida Kusumantidiah, Ustadz Nur Khoyin, Ustadzah Vinalia Putri, dan sebutan lainnya.

Jika ketemu tidak sengaja umumnya para santri hanya mengucapkan kalimat ustadz, atau ustadzah saja saat menyapa.

Atau bahkan ust, ust, ustaadz memanggil manggil gurunya yang ketemu di mall atau tempat perbelanjaan secara tidak disengaja.

Mas mbak

bantuan insentif ustadz TPQ
ustadzah TPQ (ilustrasi) 2.

Banyak mahasiswa mahasiswi muda mudi maupun pelajar SMA yang turut serta tampil mengajar pada TPQ.

orang yang masih muda dan mengajar al-qur’an di tpq biasa dipanggil dengan sebutan mas atau mbak oleh para anak didik santri TPQ, apalagi jika yang mengajar ini dulu juga merupakan Alumni TPQ tersebut.

Apalagi jika model pembelajaran adalah asistensi murid senior mengajar anak anak yang masih iqro awal (1 atau 2) maka santri senior yang menjadi asisten mengajar ini biasanya tidak masuk golongan pak guru bu guru ustadz ustadzah.

Akan tetapi masuk dalam golongan mas mbak yang mengajar TPQ atau TPQ.

Tenaga Pendidik

bukti kompetensi guru TPQ

Merupakan sebutan secara formal Kementerian Agama bagi sukarelawan sukarelawati yang mengajar al-Qur’an pada TPQ atau TPA.

Sebutan ini bisa anda baca pada SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020 tentang juklak penyelenggaraan pendidikan Al-Qur’an.

Dalam lanjutannya sebutan tenaga pendidik ini masih ada buntutnya alias kata lain yang berupa garis miring bermakna atau.

Dalam juknis ini tenaga pendidik atau guru ustadz ustadzah pengajar.

Nah itulah sebutan bagi orang-orang yang mengajar al-Qur’an pada TPQ TPA baik secara sebutan formal pada juknis maupun kebiasaan yang ada pada masyarakat peserta didik santri Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Bagaimana dengan tempat anda? apakah sama atau berbeda? Ada sebutan unik yang lain? Silakan tuliskan panggilan orang yang mengajar mengaji pada TPQ di tempat anda pada kolom komentar.

Terima kasih atensinya, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *