Arti Kusumaning ati artinya bahasa Jawa Ke Indonesia

Share

Arti Kusumaning ati. Phrase kata ini terkenal sebagai judul lagu almarhum Didi Kempot, musisi legendaris yang mendapatkan gelar lord of the broken heart. Unik ya, lagunya jawa, julukannya pake bahasa bule.

Sedangkan lagu dalam versi yang dinyanyikan oleh biduan wanita sama berjudul kusumaning ati, dinyanyikan oleh Nurhana.

pontren.com – assalaamu’alaikum para pembaca di seluruh penjuru dunia, semoga sampean dalam keadaan sehat wal afiat selalu. Amiin.

Arti Kusumaning ati versi pontren

Langsung saja, kusumaning ati menurut saya merupakan kumpulan dari 3 kata yaitu kusuma ing (ning) dan ati.

Nah kemudian kata ini menjadi rangkaian frase kusumaning ati. (kapan kapan akan saya tanyakan ke lulusan S1 UGM sastra Jawa yaitu sang Dewi A. N.)

Dengan membagi kata ini memudahkan untuk mengartikannya.

arti kusumaning ati

Merujuk kepada banyak kamus, kusuma artinya adalah bunga, wanita, keduanya bisa seiring sejalan, karena bunga juga bisa sebagai penggambaran wanita.

Ning atau ing, mempunyai arti ada, pada didalam dan seterusnya, dalam bahasa indonesia anda bisa menyebutnya dengan kata imbuhan.

Contoh lain dalam bahasa Jawa misalnya, sakjeroning, berasal dari 3 kata sak= berasal jero = dalam = ning ; nya (imbuhan).

Contoh kalimat misalnya ; sak jeroning atiku artinya pada kedalaman hati saya.

Begitu juga dengan kusumaning ati maka artinya atau maknanya adalah bunga atau wanita yang ada di hati. Ada pula yang mengartikan bunga bunga yang ada di hati.

Saya pribadi cenderung untuk memilih kata yang pertama yaitu maknanya bunga yang ada di hati, sebuah kiasan untuk menyebutkan wanita sebagai bunga pujaan yang ada didalam hati.

Ada juga yang mencari kata kusuma bangsa, artinya adalah bunga bangsa. Umumnya merujuk kepada pahlawan yang gugur perjuangan melawan penjajah.

Pada situs wordpress berbahasa Inggris, menerjemahkan kata kusumaning ati dengan Flower in heart.

Arti Kusumantidiah

Selanjutnya ini mencoba mengartikan nama. Memiliki keterkaitan dengan kusumaning ati. Namanya yaitu Kusumantidiah.

Versi saya pribadi, nama ini terdiri dari 4 kosakata yaitu kusuma ning ati dan diah, untuk kusuma ning ati sudah kami uraikan secara panjang dan melebar kemana mana.

Tinggal satu kata lagi yaitu diah.

Merupakan ciri khas nama perempuan, merujuk kepada bahasa Jawa. Adapun artinya adalah berkenaan dengan keraton, tepatnya memiliki arti bangsawan, putri.

Jadi jika anda mencoba mengartikan nama Kusumantidiah maka bisa saja maksudnya adalah putri bangsawan yang menjadi bunga pujaan dalam hati.

Sekarang bagaimanakah versi anda untuk arti kata Kusumaning ati dan kusumantidiah? Sama atau berbeda? Wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.