Contoh Swara Jejeg Lan Miring A I U E O Tuladha Ukara

Contoh Swara Jejeg Lan Miring A I U E O Tuladha Ukara

Contoh Swara Jejeg Lan Miring A I U E O dalam Bahasa Jawa beserta Tuladha Ukara contohnya kalimatnya lengkap dengan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, selamat pagi, wilujeng enjang para orang tua wali murid kelas 2 SD maupun MI yang sedang belajar materi tantri Basa Jawa.

Swara jejeg uga diarani swara sampurna, olehe maca padha karo tulisane. Suara “jejeg” juga disebu dengan suara sempurna, cara membacanya sama sebagaimana tulisannya.

Dene Swara miring uga diarani swara ora sampurna manawa olehe maca owah saka tulisane. Adapun suara miring juga disebut suara tidak sempurna, karena cara membacanya berubah dari tulisannya.

Kali ini kita akan membahas mengenai contoh tembung swara jejeg lan miring aiueo lengkap dengan contoh kalimat beserta artinya.

Tanpa banyak basa basi ini dia contohnya.

Contoh Swara Jejeg Lan Miring AIUEO

Contone Swara Jejeg Lan Miring A I U E O Tuladha Ukara kaya ana ing ngisor iki.

Contoh swara a jejeg yaiku ana, pira, sapa, mara, sega, maca.

Contohnya kalimatnya atau tuladha ukarane “Sapa sing mara lan mangan sega? Artinya siapakah yang datang dan memakan nasi?

Contoh swara i jejeg yaiku iki, kuwi, pipi, siti, rugi, lagi. Tuladha ukara contoh kalimatnya adalah sebagai berikut” Siti lagi rugi anggone dodolan. Artinya adalah siti sedang merugi dalam hal berjualan.

Tuladha utawa contoh swara u jejeg = luru, guru, biru, maju,tumbu. Tuladha ukara Basa Jawane “ Ibu Guru luru tumbu wenane biru. Artinya yaitu” Ibu guru mencari wadah yang berwarna biru”.

Contoh swara a miring : bapak, sekolah, gawe, anak, tuladha ukara “Bapak gawe kandhang” artinya ayah membuat kandang.

Tuladha tembung contoh swara i miring yaiku lading, adhik, dhuwit, wis. Tuladha ukarane “Adhik wis tuku lading nganggo dhuwit, artinya yaitu adik membeli pisau dengan menggunakan uang.

Contoh swara u miring yaiku wisuh, weruh, pikun, tarung aku weruh kowe wis wisuh artinya aku melihatmu sudah mencuci tangan maupun kaki.

Contoh swara e miring yaiku bebek, golek, menek, tekek. Tuladha ukarane ana bebek golek tekek sik lagi menek, artinya adalah ada bebek yang mencari tokek yang sedang memanjat.

Contone Tuladha swara e pepet yaiku wareg, wedi, geger. Tuladhane ukarane banger aku wedi banget karo ambu sing banger. Artinya saya sangat takut sekali dengan bau yang tidak enak.

Contoh swara o miring yaiku adoh, dhondhong, terong. Tuladha ukara “aku tuku dhondhong karo terong nang warung sing adoh banget, artinya adalah saya membeli kedondong dengan terong di warung yang sangat jauh sekali.

Demikianlah Contoh Swara Jejeg Lan Miring A I U E O Tuladha Ukara dalam Tantri Basa Jawa kelas 2 SD MI lengkap dengan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top