arti-uswatun-hasanah

Uswatun Hasanah artinya adalah Teladan yang baik

Informasi tentang arti dari uswatun hasanah dilengkapi dengan tulisan arab beserta terjemah kata perkata dari kalimat uswatun khasanah yang sering didengar oleh kalangan umat Islam baik melalui tabligh acara pengajian maupun pelajaran agama Islam di sekolah umum dan materi di Madrasah.

pontren.com – assalamu’alaikum, sugeng enjang para peminat internet di seluruh dunia, berikut adalah arti uswatun khasanah.

arti uswatun Hasanah

Secara tulisan terdiri dari 2 kata yaitu :

uswatun (أُسْوَةٌ) dan
hasanah ( حَسَنَةٌ )

Kata uswah berasal dari Bahasa arab, arti uswatun ke dalam bahasa Indonesia adalah suri tauladan atau contoh.

Sedangkan hasanah juga berasal dari Bahasa arab yang diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti baik atau sesuatu hal yang baik.

Dengan begitu arti dari uswatun hasanah adalah Suri Tauladan yang baik, ada pula yang mengartikan contoh yang baik. Keduanya memiliki makna dan maksud yang sama.

Ayat al Qur’an yang mengandung kalimat Uswatun Hasanah

Kata kata yang memiliki arti terjemahan suri tauladan yang baik ini terdapat dalam al Qur’an Surat Al Ahzab ayat 21.

Berikut ayat dimaksud disertai dengan tulisan arab latin dan arti terjemahannya kedalam bahasa Indonesia.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Laqad kāna lakum fī rasụlillāhi uswatun ḥasanatul limang kāna yarjullāha wal-yaumal-ākhira wa żakarallāha kaṡīrā

Artinya : Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

Tulisan yang benar uswatun Hasanah (tanpa huruf K) atau Khasanah (dengan huruf K)?

jam belajar santri

Sebenarnya jika mengacu kepada penulisan karya ilmiah dari transliterasi arab ke Indonesia, kedua duanya malah tidak ada yang benar.

Koq bisa? Ya bisa, karena pada kata حَسَنَةٌ menggunakan huruf ح dimana dalam gubahan huruf latin menggunakan huruf h dengan titik dibawah.

Tentunya akan sulit bagi yang tidak terbiasa menggunakan atau komputernya tidak tersedia font times new arabic.

Akan tetapi jika tolak ukurnya adalah kata ini sudah sering dipergunakan maka penggunaan huruf h lebih tepat daripada kh karena kh identik dengan huruf kho ( خ ) .

Dengan begitu menurut hemat pontren.com penulisan yang lebih tepat adalah uswatun hasanah, bukan uswatun khasanah (dengan kh).

Tafsir Imam Ibnu Katsir tentang uswatun hasanah

Surat al ahzab ayat 21 merupakan pondasi dalil yang agung dalam meneladani Nabi Muhammad saw. Dalam semua hal yang mencakup;

  • Perkataan
  • Perbuatan
  • Keadaan

Dengan adanya dalil untuk meneladani rasul maka dapat dikatakan uswatun hasanah adalah gelar bagi Rasulullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam.

Penutup

Itulah sekelumit informasi mengenai apa maksud dari uswatun hasanah ditinjau dari arti dan cara penulisan disertai ayat dalam alquran yang terdapat didalamnya kata kata dimaksud.

Juga dilampirkan sekelumit tafsiran dari ibnu katsir mengenai surat al ahzab ayat 21

Sugeng enjang, selamat beraktivitas. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar