ruang belajar TPQ

Surat Al Hujurat ayat 12 dan 13 isi kandungan latin arti perkata

Share

Isi kandungan surat al hujurat ayat 12 dan 13 beserta artinya, isi kandungan, tulisan latin, arti perkata, hikmah, perilaku yang mencerminkan dalam kehidupan sehari hari.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, dalam mapel Pelajaran Agama Islam bab Indahnya saling membantu dan hidup rukun terdapat dalil dalam alquran.

baca : surat al maidah ayat 2 dan 3 isi Kandungan Hikmah dan artinya perkata

Untuk mengetahui lebih dalam tentang indahnya saling bantu dan hidup rukun mengacu kepada Buku PAI kelas 6 semester 2 ini berikut penjelasan dan keterangan yang dapat dihimpun.

Tulisan Arab surat Al Hujurot ayat 12 dan 13

Teks tulisan arab dari surat dan ayat dimaksud sebagai dalil tolong menolong dan hidup rukun adalah sebagai berikut.

Q.S. Al Hujurat 12 teks Arab

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ

Q.S. Al Hujurat ayat 13

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Tulisan Latin surat al Hujurat ayat 12 sampai 13

Berikut adalah teks latinnya.

Al Hujurat ayat 12 latin

Yā ayyuhallażīna āmanujtanibụ kaṡīram minaẓ-ẓanni inna ba’ḍaẓ-ẓanni iṡmuw wa lā tajassasụ wa lā yagtab ba’ḍukum ba’ḍā, a yuḥibbu aḥadukum ay ya`kula laḥma akhīhi maitan fa karihtumụh, wattaqullāh, innallāha tawwābur raḥīm

Al Hujurat ayat 13

Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallāha ‘alīmun khabīr.

Arti surat al Hujurat 12 & 13

Arti Al Hujurat ayat 12
Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang. (al hujurot 12)

Arti Al Hujurat ayat 13
Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti. (al hujurot 13)

Arti perkata surat al Hujurat ayat 12 dan 13

Berikut adalah terjemah artinya perkata dari surat al Hujurot ayat 12 dilanjutkan kemudian dengan terjemahan setiap kata surat al Hujurat ayat 13.

Silakan disimak

Arti perkata surat al Hujurat ayat 12

wahai يَا أَيُّهَا
orang-orang yang الَّذِينَ
beriman آمَنُوا
jauhilah اجْتَنِبُوا
kebanyakan كَثِيرًا
dari مِنَ
prasangka الظَّنِّ
sesungguhnya إِنَّ
sebagian بَعْضَ
prasangka الظَّنِّ
dosa إِثْمٌ
dan وَ
jangan لَا
kalian memata-matai, mencari kesalahan تَجَسَّسُوا
dan وَ
jangan لَا
kalian mengumpat يَغْتَبْ
sebagian kalian بَعْضُكُمْ
sebagian بَعْضًا
apakah menyukai أَيُحِبُّ
salah seorang di antara kalian أَحَدُكُمْ
bahwa أَنْ
memakan يَأْكُلَ
daging لَحْمَ
saudaranya أَخِيهِ
bangkai, mati مَيْتًا
maka kalian benci/jijik padanya فَكَرِهْتُمُوهُ
dan bertaqwalah وَاتَّقُوا
(pada) Allah اللَّهَ
sesungguhnya إِنَّ
Allah اللَّهَ
Maha Penerima taubat تَوَّابٌ
Maha Penyayang رَحِيمٌ

Sedangkan arti perkata surat al Hujurat ayat 13 adalah sebagai berikut;

يٰٓاَيُّهَا wahai
النَّاسُ manusia
اِنَّا sesungguhnya (kami)
خَلَقْنٰكُمْ (kami) menciptakan kalian
مِّنْ dari
ذَكَرٍ laki-laki
وَّاُنْثٰى dan perempuan
وَجَعَلْنٰكُمْ dan (kami) menjadikan kalian
شُعُوْبًا berbangsa-bangsa
وَّقَبَاۤىِٕلَ dan bersuku-suku
لِتَعَارَفُوْا supaya saling mengenal
اِنَّ sesungguhnya
اَكْرَمَكُمْ (ia[lk]) paling mulia diantara kalian
عِنْدَ disisi
اللّٰهِ Allah
اَتْقٰىكُمْ orang-orang yang paling bertakwa diantara kalian
اِنَّ sesungguhnya
اللّٰهَ Allah
عَلِيْمٌ sangat mengetahui
خَبِيْرٌ maha mengetahui

Isi kandungan ayat

Dalam isi kandungan surat al hujurot ayat 12 adalah Allah Swt. mengingatkan kita untuk menjauhi sifat prasangka atau mencari-cari kesalahan orang lain atau bergunjing karena semua perbuatan itu dosa.

Allah Swt. menyamakan orang yang suka bergunjing seperti orang yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati. Tentunya orang tidak suka memakan daging saudaranya yang sudah meninggal.

untuk perintah Allah Swt. dan jauhi larangan-Nya, termasuk bergunjing atau menceritakan kejelekan orang lain.
Apabila melakukan salah dan perbuatan dosa karena telah melanggar larangan Allah Swt, untuk segera bertobat dan bertakwa kepada Allah Swt, sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat, lagi Maha Penyayang.

Isi kandungan surat al Hujurat ayat 13

Allah Swt. menciptakan manusia terdiri dari laki-laki dan perempuan. Manusia itu suka berkumpul dan berkelompok sehingga mereka membentuk suatu suku atau bangsa.

Dengan saling mengenal, kita akan memahami sifat dan tahu hobi masing-masing. Dengan saling mengenal sesama teman, kita akan terhindar salah paham atau prasangka negatif atau saling bergunjing yang tidak benar.

Kondisi ini menjadikan tidak ada di antara kita saling menganggap diri paling benar atau paling baik.

Allah Swt. sudah mengingatkan, bahwa sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah Swt. ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti.

Hikmah ayat 12

Disebutkan bahwa apabila kita beriman kepada Allah maka untuk menjauhi berprasangka (buruk) terhadap orang lain karena berprasangka itu dosa besar. Tidak boleh mencari-cari kesalahan orang lain atau bergunjing karena orang yang suka ghibah ibarat memakan daging saudaranya.

Yang Termasuk dalam bergunjing yaitu menceritakan kejelekan orang lain.

Hikmah ayat 13

orang yang paling mulia di sisi Allah Swt. adalah orang yang taqwa. Oleh sebab itu, tidak ada artinya menyombongkan diri tanpa beribadah kepada Allah Swt.

berikut hikmah yang dikutip dari blog mubaligindonesia

  • Allah swt yang maha kuasa menciptakan manusia berbangsa bangsa dan bersuku-suku dan masing masing memiliki bahasa serta adat istiadat yang berbeda.
  • Lewat surat al Hujurat ayat 13 Allah swt memerintahkan kepada manusia untuk saling mengenal dan menjalin silaturahmi, sinergi, sahingga terciptanya suasana yang harmonis.
  • Kemuliaan seseorang dihadapan Allah swt bukan karena dari nasab dan ketampanan/kecantikan, akan tetapi yang menjadikan manisia mulia disisi Allah adalah karena ketakwaanya.

Sumber : http://mubaligindonesia.blogspot.com/2017/11/tafsir-qs-al-hujurat-ayat-13.html

Rangkuman dan ringkasan

Q.S. al-Hujurāt/49:12 mengajarkan agar kita beriman hanya kepada Allah Swt, janganlah berprasangka buruk kepada orang lain karena hal itu dosa besar.
Q.S. al-Hujurāt/49:13, mengajarkan bahwa orang yang paling mulia di sisi Allah Swt. adalah orang yang taqwa.

Demikianlah ringkasan berkenaan dengan surat al Hujurat ayat 12 sampai dengan 13 dari segi tulisan arab, teks latin, terjemah dalam bahasa Indonesia dan arti perkata ditambahkan pula hikmah dan isi kandingan ayatnya.

Wilujeng dalu, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.