dalil tentang laragan pantang menyerah

Dalil tentang larangan pantang menyerah hadits jangan putus asa

Share

Dalil tentang larangan pantang menyerah dalam al-Qur’an hadits jangan putus asa beserta ayat dan contoh perilaku tulisan arab teks latin dan arti terjemahnya dalam bahasa Indonesia.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, berikut adalah ayat tentang larangan berputus asa dalam surat alquran.

Diantaranya tentang pantang menyerah dijelaskan dalam surat Al Hijr ayat 56 dan surat yusuf 87

Dalil Larangan Pantang Menyerah dalah Surat Al-Qur’an

Adapun bunyi surat al Hujr ayat 56 tulisan arab teks latin dan terjemahnya sebagai berikut;

قَالَ وَمَنْ يَّقْنَطُ مِنْ رَّحْمَةِ رَبِّهٖٓ اِلَّا الضَّاۤلُّوْنَ

Teks latin ; Qoola wa may-yaqnuth mir-rohmati robbihii illadh-dhaalluun.

Artinya : Dia (Ibrahim) berkata, “Tidak ada yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang yang sesat.”

Adapun tulisan arab surat yusuf ayat 56 teks latin dan artinya sebagai berikut;

يٰبَنِيَّ اذْهَبُوْا فَتَحَسَّسُوْا مِنْ يُّوْسُفَ وَاَخِيْهِ وَلَا تَا۟يْـَٔسُوْا مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ ۗاِنَّهٗ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ اِلَّا الْقَوْمُ الْكٰفِرُوْنَ

Yaa baniya-dzhabuu fatahassasuu miy-yuusfa wa akhiihi wa laa taiasuu mi-r rouhillah, innahuu laa yaiasu ma-r rouhillaahi illa-l qoumu-l kaafiriin,

Artinya : Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.”

Itulah ayat dalam al-Qur’an sebagai dalil untuk tidak berputus asa dari rahmat Allah atau larangan untuk menyerah (pantang menyerah).

hadits jangan putus asa

berikut adalah salah satu hadits untuk menjawab pertanyaan isin soal yang berbunyi Tulislah dalil tentang larangan pantang menyerah!

Selain kedua dalil al-Qur’an diatas (surat Al Hijr ayat 56 dan surat yusuf 87) anda bisa menjawab dengan hadits berikut.

berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi nomor 3540 bahwasanya Anas bin Malik menceritakan rasul Bersabda;

Anas bin Malik menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman,

قَالَ اللَّهُ يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِى وَرَجَوْتَنِى غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ وَلاَ أُبَالِى يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِى غَفَرْتُ لَكَ وَلاَ أُبَالِى يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِى بِقُرَابِ الأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِى لاَ تُشْرِكُ بِى شَيْئًا لأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

Artinya :
”Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Hai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.”

berikan contoh perilaku pantang menyerah

apabila ada soal ujian semester maupun ulangan yang berbunyi “berikan contoh perilaku pantang menyerah” maka berikut beberapa jawabannya.

contoh perilaku hemat rendah hati pantang menyerah

Pada jawaban ini ada juga contoh sikap pantang menyerah ditengah masyarakat.

  • Tetap semangat belajar meskipun hasil nilai ujian belum maksimal;
  • Masih pantang menyerah dalam menjaga kebersihan pada lingkungan meskipun tetangga sekitar masih belum berperilaku membuang sampah pada tempatnya;
  • Tetap pantang menyerah mencabuti rumput yang ada pinggir jalan rumah meskipun rumput tersebut tetap saja tumbuh pada waktu yang lain;
  • Pantang menyerah Belajar matematika supaya bisa paham meskipun telah mencoba berkali kali dan masih belum paham juga;
  • Pantang menyerah untuk Tetap membujuk ayah ibu untuk memberikan uang jajan lebih meskipun berkali kali ayah ibu menolak untuk memberikan uang jajan yang lebih banyak;
  • Tetap belajar membaca al-Qur’an meskipun masih terbata bata membacanya, yang penting berusaha supaya bisa lancar dan istiqamah dalam membaca al-Qur’an.

Nah itulah beberapa contoh sikap pantang menyerah, untuk contoh pantang menyerah membujuk ayah ibu memberi uang jajan lebih silakan diabaikan demi kebaikan bersama.

Demikian informasi tentang dalil sikap larangan pantang menyerah dalam alquran serta nama surat dan ayatnya beserta hadits jangan putus asa dari rahmat Allah.

Wilujeng dalu, selamat malam, wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.