LPQ Pengertian singkatan dan Kepanjangannya

Share

Informasi tentang LPQ sebagai lembaga pendidikan dibawah naungan PD Pontren Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agam Republik Indonesia dari segi pengertian dan kepanjangan serta singkatan mengacu SK Dirjen Pendis no 9 tahun 2020.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, ketenaran TPQ atau TPA (Taman Pendidikan al-Qur’an) di kalangan masyarakat ternyata menenggelamkan popularitas lembaga induknya yaitu LPQ.

LPQ adalah lembaga Pendidikan alQur'an

Begitu kondangnya TPA atau TPQ di kalangan masyarakat sampai sampai ada saja pengasuh TKQ TPQ yang tidak menyadari apa itu LPQ, kepanjangannya apa, singkatan dari apa.

Berikut akan mengulas LPQ dari segi singkatan dan kepanjangan beserta pengertiannya bersandarkan Surat Keputusan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Singkatan LPQ dan Kepanjangannya

LPQ adalah singkatan dari Lembaga Pendidikan al-Qur’an, jadi dengan begitu Kepanjangan LPQ adalah Lembaga Pendidikan Al-Qur’an, begitulah informasi singkatnya.

Setelah mengetahui apa itu singkatan dan kepanjangannya, mari dilanjutkan kepada pengertiannya.

Pengertian dari LPQ

Pengertian LPQ menurut Kementerian Agama adalah Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam yang menyelenggarakan pendidika al-Qur’an.

Adapun jenis LPQ adalah Pendidikan Anak Usia Dini al-Qur’an, Taman kanak-kanak al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Taklimul Qur’an Lil Aulad, Rumah Tahfidz al Qur’an dan Pesantren Tahfidz Al-Qur’an.

baca : Pengertian TPQ Taman Pendidikan al-QUr’an

Ada 6 jenis lembaga pendidikan alquran dalam SK Dirjen Pendis no 9 tahun 2020 tersebut sebagaimana diatas.

Selanjutnya dari keenam lembaga tersebut memiliki ciri khas masing masing dalam kurikulum, usia masuk, masa pendidikan pembelajarannya yang mana SK Dirjen pendis mengaturnya.

Posisi Lembaga Pendidikan Alquran dengan TPQ

Seperti informasi sebelumnya, ada 6 jenis lembaga pendidikan dibawah naungan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an yang menjadi induknya.

Lembaga Pendidikan al-Qur’an merupakan induk dari Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA) beserta lembaga pendidikan yang serumpun, adapun lembaga selain TPQ yang menginduk kepada LPQ adalah sebagai berikut;

  • Pendidikan Anak Usia Dini al Qur’an (Paudqu)
  • Taman Kanak-kanak alquran (TKQ)
  • Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA)
  • Rumah Tahfidz al Qur’an (RTQ)
  • Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an

Ada 6 lembaga termasuk Taman Pendidikan al-Qur’an mengacu kepada SK Dirjen, setidaknya dengan mengetahui bagaimana posisi LPQ dengan TPQ bisa menambah pemahaman struktur organisasi dan hirearki lembaga pendidikan al-Qur’an.

Menamakan lembaga dengan LPQ

Proses SK Penetapan Tanda Daftar LPQ

Pada beberapa kasus, ada lembaga yang menamakan dengan LPQ, contohnya dahulu sewaktu di Jogja, saya pernah mengajar pada lembaga yang bernama LPQ.

Tepatnya namanya adalah “LPQ Yo”, boleh kah seperti itu? Kalau secara surat larangan, maka tidak ditemukan.

Baca : Mengenal Paudqu Pendidikan Anak Usia Dini Al-Qur’an

Akan tetapi secara teknis pendataan maka akan ada kesulitan bahkan hal yang mustahil.

Kenapa bisa?

Karena dalam kode nomor statistik lembaga, tidak ada pengkodean untuk LPQ, jadi meskipun namanya adalah LPQ, harus ditentukan lembaga tersebut apakah TKQ, TPQ, TQA atau yang lain, yang jelas tidak bias dikategorikan sebagai lembaga induk yaitu LPQ.

nah demikian pembahasan singkat mengenai LPQ, apabila ada yang kurang silakan ditambahkan, jika terdapat kelebihan mohon untuk segera dikembalikan.

selamat siang, wilujeng makaryo, wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.