Mitra Kerja LPQ Lembaga Pendidikan Alquran

Share

Mitra Kerja LPQ Lembaga Pendidikan al-Qur’an yang didalamnya termasuk TKQ Paudqu TPQ, TQA, RTQ maupun pondok pesantren tahfidzul qur’an.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng siang para penggiat pendidikan keagamaan alquran baik pada jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak, Paudqu, Taman Pendidikan al-Qur’an, Rumah Tahfidz al-Qur’an maupun lembaga yang lain.

mitra kerja TPQ

Kali ini kita akan membicarakan apa yang disebut dengan mitra kerja untuk Lembaga Pendidikan al-Qur’an.

Dalam Kepdirjen no 9 tahun 2020 tentang juklak LPQ disebutkan bahwa yang dimaksud dengan mitra Kerja LPQ (termasuk didalamnya TKQ TPQ) adalah organisasi atau lembaga swadaya masyarakat yang diakui keberadaannya secara hukum oleh kementerian Agama dan mempunyai konsentrasi terhadap pengembangan atau peningkatan pendidikan alquran ditengah masyarakat.

baca : Pengertian LPQ Lembaga Pendidikan Al-Qur’an

Dari keterangan diatas, ada 2 hal pokok kata kunci berkenaan dengan mitra kerja ini yaitu;

Pertama, diakui keberadaannya secara hukum oleh Kementerian Agama,
Kedua memiliki konsentrasi pengembangan peningkatan Pendidikan al-Qur’an.

Bagaimana bentuk pengakuan dari Kemenag? Dalam SK dirjen ini tidak diterangkan lebih lanjut, bisa jadi keberadaan SK Menkumham sudah cukup mewakili.

Contoh Lembaga Mitra Kerja LPQ

Untuk organisasi yang menjadi mitra mengembangkan pendidikan quran seperti Badko TPQ (Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur’an). Termasuk juga LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an). Nantinya Kelompok Kerja LPQ (KKL) dan Musyawarah Kerja Kepala LPQ (MKKLPQ).

Bisa jadi nanti akan ada SK dirjen yang menyusuli tentang teknis dan ketentuan pembentukan KKL maupun MKKLPQ karena pada lembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah sudah ada petunjuknya.

baca : Beberapa Rumpun Lembaga LPQ yang kurang terkenal

Nah ini hanya terawangan pribadi saja, tidak bisa diprediksi kapan muncul atau bahkan muncul atau tidak, ketentuan tentang standar pendidik LPQ dan penilaian kelulusan belum juga nongol sampai sekarang.

Apabila bentuk pengakuan dari Kemenag berupa keberadaan SK Kemenkumham, maka yayasan yayasan yang berberak dalam pendidikan al-Qur’an juga termasuk dalam kategori ini.

Posisi Mitra Kerja Lembaga Pendidikan Al Qur’an dengan Kemenag

Bagaimanakah posisi mitra kerja dengan kemenag dalam SK Dirjen no 9 tahun 2020?

Keberadaan dan eksistensi mitra ini dapat dilihat dalam SK Dirjen dimaksud pada Pembinaan dan Evaluasi.

Dalam rangka penjaminan mutu dan akuntabilitas pemberian Tanda Daftar LPQ, pembinaan evaluasi dilakukan berjenjang dari Kemenag secaa langsung atau melalui bantuan Mitra Kerja Lembaga Pendidikan Al-Qur’an yang ditunjuk.

Dengan begitu salah satu fungsi keberadaan mitra kerja untuk mengawal penjaminan mutu dan akuntabilitas pemberian SK izin operasional atau bahasa tepatnya Tanda Daftar Lembaga.

Begitulah informasi tentang mitra kerja LPQ beserta sedikit prediksi dan rasan rasan kondisi, semoga menjadi tambahan informasi untuk para pengasuh TKQ TPQ TQA PAUDQU Rumah Tahfidz dan Pesantren tahfidzul Qur’an. Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *